Begini Loh Moms!! Cara Seru, Unik dan Asik Bermain Sambil Belajar Berhitung Sekaligus Memperkenalkan Angka pada Anak

Diposting pada

Belajar berhitung atau memperkenalkan angka pada anak balita di tingkat paud dan TK tidaklah seperti mengajarkan cara berhitung kepada anak usia SD. Masa balita merupakan masa dimana suka bermain, anak akan antusias belajar mengenal angka dan berhitung jika metodenya menyenangkan dan tak monoton. Anak-anak bisa dilatih untuk dapat berfikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya. Untuk itu, kita orang tua haruslah berfikir kreatif agar anak mampu dan dapat menerima pembelajaran dengan menyenangkan.
Terkadang anak-anak tak mau sekolah bukan tanpa alasan, bisa jadi mereka bosan dengan suasana kelas yang itu-itu saja dan kurang menyenangkan. Berikut Mama Pintar rangkumkan cara belajar mengenalkan nomor atau angka yang seru, unik dan asik untuk anak balita.
1. Membuat titik sesuai angka


Ini metode yang paling sederhana,kita orang tua menuliskan angka 1 sampai 10 di kertas besar, kemudian di beri titik sejumlah angka tersebut, kemudian anak diminta mewarnai titik tersebut sambil menghitung ada berapa titik. Atau kalau usia anak sudah agak besar dan bisa berfikir, cukup tuliskan nomor saja, suruh anak memberi titik-titik sendiri pada nomor-nomor tersebut.
2. Ikuti urutan nomor


Kalau anak-anak bosan belajar di dalam rumah, cobalah belajar di luar. Buat garis-garis di halaman, semacam permainan engklak, tapi ini kotak-kotaknya ada banyak. Tulis beberapa nomor di dalam kotak secara acak, tapi berurutan, jangan dipencar-pencar. Kemudian mintalah anak berjalan sesuai dengan urutan nomor yang telah diacak.
3. Membuat Es Krim


Buatlah potongan-potongan dari kertas warna, buat semacam segitiga untuk contong es krimnya, dan lingkaran bulat-bulat untuk esnya. Tuliskan angka pada contong es krim, anak-anak dimintamenempelkan bulatan-bulatan di atasnya sesuai dengan jumlah angka yang tercantum. Tempel menggunakan lem atau solasi bolak balik (double tip).
4. Menghitung kue di toples


Buat gambar toples di kertas, kemudian bikin lingkaran-lingkaran di dalamnya dan kasih angka. Buat bulatan-bulatan di kertas lain dan berikan titik-titik sesuai angka yang diinginkan, kemudian potong-potong, beri slotip atau solasi bolak balik, minta anak-anak untuk menempel sesuai hitungan titik yang telah dibuat. Atau kalau mau lebih mudah, kunjungi saja Totschooling.net untuk mondownload bahan yang siap diprint, sehingga lebih menghemat waktu.
5. Berhitung menggunakan tutup botol


Kalau tadi belajar menghitung menggunakan botol, sekarang kita menggunakan tutup botolnya. Buat lingkaran-lingkaran di kertas, sebagian dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam tutup botol, dan sebagian lagi di kertas. Ambil dua buah dadu, kemudian mainkan, minta anak untuk menempelkan sejumlah titik dadu yang tertera.

Demikianlah cara mengasah kemampuan anak paud untuk berlatih berhitung dan mengenalkan angka dengan metode yang menyenangkan. Punya ide lainnya? silahkan posting di kolom komentar untuk memberi ide lainnya. Selamat mencoba, jangan lupa untuk memberitahu temen-temen yang lain agar ikut mencobanya ya Moms.

Bagikan ini :