Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

Diposting pada

Haloo moms, siapa yang di sini sedang hamil? Mama Pintar ucapkan selamat atas kehamilannya ya moms, semoga semuanya sehat sampai persalinan.
Di saat hamil, asupan gizi adalah hal yang harus diperhatikan. Akan tetapi, sering kali ibu hamil terlalu membatasi makan makanan karena dipengaruhi banyak mitos, betul tidak moms?
Menurut Mama Pintar, selagi itu dalam batas wajar dan normal, serta makanannya bersih dan bergizi , maka tidak apa-apa jika ibu hamil mau makan makanan yang sedang diinginkan. Seperti halnya makan seafood, asalkan kita memperhatikan jenis seafood yang seperti apa?? karena kandungan gizi pada seafood justru sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.
Makanan laut atau Seafood merupakan makanan yang bergizi, karena mengandung asam lemak omega 3, DHA yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan otak janin, terutama di saat usia kandungan memasuki trimester ke 3, disinilah pertumbuhan otak bayi sangat cepat. Omega 3 juga berfungsi untuk mengurangi pendarahan dan resiko bayi lahir prematur.
Oleh karena itu, janganlah takut dan kawatir untuk konsumsi seafood saat hamil, setidaknya 2 sampai 3 porsi dalam seminggu  ibu hamil perlu makan seafood, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan tilapia, udang dan kerang.  Itulah jenis seafood yang rendah merkuri dan masaklah sampai benar benar yang matang. Hindari makan makanan mentah atau setengah matang pada saat hamil.

Sedangkan untuk jenis seafood yang harus dihindari Ibu Hamil adalah seafood yang mengandung merkuri yang tinggi, seperti seafood yang tinggal di sungai atau danau  yang  telah tercemar bahan kimia. Karena merkuri yang tinggi sangat berbahaya untuk perkembangan otak janin dan ginjal.  Beberapa jenis seafood yang harus dihindari :

1.  Ikan Hiu

2.  Ikan King Makarel

3.  Ikan Todak

4.  Ikan Tilefish

5. Ikan Marlin

6  Ikan mentah seperti dalam sushi dan sashim

Jadi moms, pada intinya anda harus bijak memilih mana seafood yang bermekuri rendah atau tinggi, bukan berarti ibu hamil dilarang makan seafood, jadi jangan salah kaprah lagi ya..karena  justru makan seafood menjadi bagian penting dari asupan gizi yang sehat bagi kehamilan anda.

Semoga bermanfaat

Bagikan ini :