Buat Yang Suka Masak!! Inilah Tips dan Cara Memasak Capcay Agar Harum dan Seenak Capcay di Restoran

Diposting pada

Ternyata mudah membuat capcay sederhana namun enak dan harum seperti restoran. Caranya tinggal mengikuti tips membuat capcay ala restoran ini. Di berbagai restoran terutama restoran chinese food, capcay jadi menu andalan. Tumisan sayur ini pasti dipesan hampir semua meja. Soalnya, walau cuma tumis sayur biasa dengan bumbu minimalis, capcay punya rasa sedap luar biasa. Capcay chinese food terkenal enak, gurih dan punya aroma harum. Nah, capcay seperti inilah yang jarang bisa kita hadirkan di rumah.

Padahal, bahan membuat capcay sederhana dan pasti bisa kita temukan di pasaran. Namun, kalau sembarangan, hasilnya pasti cuma tumisan sayur biasa dan bukan capcay. Untuk itu, kalau mau capcay sederhana tetapi enak dan harum seperti resto chinese food, coba intip dulu tips masak capcay ini.

1. Gunakan 10 Macam Sayuran

Secara harafiah, capcay memiliki arti 10 macam sayuran dalam bahasa Indonesia. Jadinya, kalau mau tumisan sayur di rumah jadi capcay, gunakan juga 10 jenis sayuran, ya. Misalnya, kita bisa menggunakan bawang bombay, sawi putih, wortel, daun bawang, kembang kol, jagung muda dan 4 jenis sayuran lainnya. Tapi, bawang putih tidak termasuk dalam 10 jenis sayuran itu, ya. Nah, kalau mau capcay harum, jumlah bawang putih cincang yang digunakan juga harus cukup banyak, ya. Jadinya ketika ditumis, aroma bawang putih akan membuat capcay jadi super harum.

2. Masak Dengan Api Besar

Aroma capcay yang harum juga disumbangkan dari penggunaan api besar saat memasak capcay. Lihat saja, di restoran chinese food, mereka menggunakan api yang sangat besar saat memasak capcay. Api yang besar ini digunakan terus sepanjang memasak capcay. Nah, kalau di rumah, trik ini juga bisa kita tiru. Gunakan api yang paling besar untuk memasak capcay. Nantinya, akan ada aroma asap atau sedikit gosong setelah capcay matang. Selain itu, api yang besar juga membuat sayuran cepat matang tapi teksturnya masih enak dan tidak lodoh. Tapi hati-hati, ya, kita harus terus mengaduk capcay selama pemasakan supaya tidak mudah gosong.

3. Gunakan Minyak Ikan

Nah, kalau mau aroma capcay yang enak, gantikan garam dan kecap asin dengan kecap ikan. Soalnya, kecap ikan punya rasa asin dan aroma yang sedap luar biasa. Kalau sudah menggunakan kecap ikan, jangan lagi gunakan garam, ya.

4. Urutan Memasukkan Sayuran

Kala membuat capcay, urutkan memasukkan sayuran dari yang paling lama matang hingga yang paling cepat matang. Itu artinya, wortel, putren dan kembang kol harus masuk lebih dulu, begitu juga dengan batang sawi putih. Setelah sayuran di atas setengah matang, baru masukkan daun sawi putih, caisim, dan sayuran lain. Cara ini akan membuat sayuran matang dengan pas dan teksturnya juga sempurna.

5. Makan Selagi Hangat

Tak bisa dipungkiri, makanan apapun jadi makin enak kalau dimakan dalam keadaan hangat dan baru matang. Begitu juga dengan capcay chinese food. Sajian ini jadi makin spesial karena langsung diserbu keluarga begitu disajikan di atas meja. Jadi, coba deh masak capcay menjelang akan dimakan. Kira-kira setengah jam sebelum jam makan, baru kita mulai memasak capcay. Semua bahan-bahannya boleh sudah disiapkan sebelumnya sehingga dalam 15 menit saja, seporsi capcay hangat siap dikonsumsi keluarga. Pasti enak!

Source: nakita.grid.id

Bagikan ini :