Jangan Dibuang, Biji Nangka Dapat Dimakan dan Punya Banyak Manfaat, Diantaranya Mampu Cegah Anemia

Diposting pada

Di Asia, khususnya Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan buah nangka.Buah nangka memang terkenal dengan rasanya yang legit dan manis. Jadi tak mengherankan, jika buah nangka bukan hanya bisa dinikmati dalam keadaan utuh, namun dicampur dengan minuman tertentu.Bukan hanya dari daging buah nangka, tetapi biji buah nangka atau beton ada manfaat yang baik bagi kesehatan.Biji buah nangka atau beton setelah melalui proses perebusan terlebih dahulu,dapat dinikmati dimakan layaknya makanan biasa tentunya setelah dikupas kulit bijinya.Biji buah nangka rasanya seperti kacang.

Asal tahu saja Moms, dilansir dari eresources.nlb.gov.sg, National Library Board Singapore, biji buah nangka merupakan sumber karbohidrat. Penyajian biji buah nangka alias beton, bisa diolah menjadi makanan dengan sebelumnya dibakar atau direbus dalam air terlebih dahulu. Ditemukan dalam beton alias biji buah nangka mengandung 4,7% protein (FW), 11,1% total serat makanan (FW) dan 8% pati resisten (FW).Biji buah nangka merupakan sumber tepung yang baik (22%) dan serat makanan. Makanan dari biji buah nangka dikategorikan sebagai makanan rendah GI.

Berikut 10 manfaat biji nangka rebus bagi kesehatan:

1. Tinggi protein

Untuk memenuhi kebutuhan protein, mengkonsumsi biji nangka menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Menyantap biji nangka secara rutin dipercaya dapat memenuhi asupan protein yang berkhasiat membantu membentuk massa otot dan mempercepat kerja metabolisme dalam tubuh.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Biji nangka sangat ampuh untuk mengurangi nyeri akibat masalah pencernaan. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan menjaganya tetap sehat.

3. Mencegah anemia

Mengkonsumsi biji nangka recara rutin, satu atau dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko anemia dan penyakit terkait darah lainnya.

4. Menyehatkan mata

Selain wortel, biji nangka juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Mengandung vitamin A yang cukup tinggi, akan menghindarkan mata dari risiko penyakit, seperti rabun senja, rabun jauh, dan katarak.

5. Melancarkan pencernaan

Serat yang hadir dalam biji nangka bekerja secara efektif untuk menyehatkan saluran pencernaan, mempercepat proses pembuangan, dan menghambat risiko penyakit pencernaan seperti diare dan ambeien.

6. Menghilangkan stres

Biji nangka kaya akan protein dan mikronutrien. Zat mikronutrien sendiri adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menurunkan kadar stres pada otak.

7. Meningkatkan imunitas tubuh

Biji nangka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat antimikroba dan seng yang dimilikinya dapat mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan produksi imun dalam tubuh.

8. Menangkal kanker

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin dalam biji nangka rupanya juga dapat mencegah kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Selain itu, biji nangka juga mengandung sifat anti kanker yang dapat memperlambat degenerasi sel tubuh.

9. Menurunkan risiko jantung

Biji nangka sangat baik dikonsumsi oleh para penderita jantung, karena mengandung 0 kalori dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, biji nangka dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

10. Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan potasium yang dimiliki biji nangka dapat meningkatkan pertumbuhan tulang pada remaja, dan menjaganya agar terhindar dari penyakit seperti osteoporosis dan nyeri sendi. Karenanya, konsumsi biji nangka secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang.

Source: kumparan.com

Bagikan ini :