Khasiat Ampuh Ceplukan dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Ceplukan, Cutleaf Groundcherry (Physalis angulata L.) adalah tumbuhan semak semusim, dan tergolong sebagai tanaman liar. Tumbuh begitu saja di tanah-tanah kosong yang bertanah lembab namun tidak becek. Tumbuh tegak dengan tinggi tanaman sekitar 30-50 cm. Batang berwarna hijau bentuk persegi, dan bercabang. Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan bentuk bulat telur memanjang dan ujungnya lancip. Ukuran panjang 3,5-10 cm dan lebar 2,5 cm. Pada permukaan daun bagian atas berwarna hijau, dan permukaan bawah berwarna hijau muda dan berambut halus. Bunga dan buah keluar dari ketiak daun, buahnya berbentuk seperti lampion atau lentera, bila sudah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman. Nama lain tanaman ini adalah Kopok-kopokan (Bali), Cecenet (Sunda), Nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan Lapunonat (Tanimbar, Seram).

Ceplukan dapat ditemukan pada ketinggian hingga 1.800 meter di atas permukaan laut. Kandungan kimia yang terdapat pada ceplukan antara lain: Buah mengandung vitamin C, Gula, Fisalin, Tanin, Kriptoxanin, Polifenol, dan Steroid. Biji mengandung asam palmiat, stearat. Flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas. Alkaloid terletak pada akarnya. Chlorogenic acid terletak pada batang dan daun. Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainnya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2O yang semua zat-zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati bisul

1 genggam daun ciplukan ditambah 1 sendok teh adas dan 1 lembar daun sirih dicampurkan dan diremas-remas hingga lembut. Oleskan sekitar bisul dan bisul akan cepat mengering.

Mengobati gusi berdarah

Cukup mengkonsumsi 30 buah ciplukan segar setiap hari dengan teratur.

Mengobati influenza

2 buah batang pohon ciplukan lalu direbus dengan 2 gelas air, saring dan diminum 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Mengobati diabetes

Ambil bagian akar sebanyak 2 buah kemudian bersihkan, sebelum direbus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Kemudian saring dan minum 1 kali sehari dan lakukan secara rutin.

Menurunkan darah tinggi

5 butir buah ciplukan segar kemudian rebus dengan air sebanyak 1 gelas ukuran sedang selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari.

Bagikan ini :