Khasiat Ampuh Temulawak dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Temulawak, Java Turmeric (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) adalah tumbuhan terna berbatang semu dengan tinggi kurang dari 2 m. Batang semu merupakan bagian dari pelepah daun yang tegak dan saling bertumpang tindih, warna hijau atau cokelat gelap. Rimpang terbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berukuran besar, bercabang-cabang, dan berwarna cokelat kemerahan, kuning tua atau berwarna hijau gelap. Tiap tunas dari rimpang membentuk daun 2-9 helai dengan bentuk bundar memanjang sampai bangun lanset, warna daun hijau atau cokelat keunguan terang sampai gelap. Bunga berwarna kuning tua, berbentuk unik dan bergerombol.

   Di daerah lain tanaman ini dikenal dengan nama Temulawak (Jawa), Koneng Gede (Sunda), Temu Labak (Madura), Temu Lawak (Melayu). Tanaman ini dapat ditemukan hampir di setiap daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi, terutama di lahan yang teduh. Kandungan kimia yang terdapat pada temulawak adalah Protein, Karbohidrat, Kurkumin dan minyak astiri.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati sakit maag

 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris halus. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum selagi hangat.

Memperbanyak ASI bagi ibu menyusui

Temulawak sebanyak 7-10 jari dikupas dan dicuci hingga bersih lalu diparut dan dicampur dengan tepung sagu secukupnya. Tambahkan air panas sedikit saja, aduk sampai tekturnya berubah seperti bubur. Makan bubur ini 2 kali dalam setiap harinya.

Menghilangkan jerawat

Temulawak sebesar ibu jari dicuci dan kupas kemudian dimemarkan. Rebus dalam panci yang berisi air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan, dan minum air ini sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari.

Mengobati bisul

Iris 5 temulawak yang sudah dikupas, lalu direbus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren. Setelah diangkat dari api, masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, disaring, diminum sekaligus.

Menambah nafsu makan

2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dicuci, dikupas dan diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama ¼ ruas lengkuas, ½ genggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum ramuan ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Menyembuhkan sariawan

1 rimpang temulawak sebesar ibu jari dicuci, dikupas dan diiris. Direbus dengan 2 gelas air bersama 1 buah asam Jawa, sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Angkat dari api. Masukkan 1 biji asam. Aduk dan saring. Diminum 2 kali sehari.

Mengobati batuk

1 rimpang temulawak sebesar ibu jari dicuci, dikupas dan diparut sambil diberi 1 gelas air matang. Peras dan beri satu sendok teh madu dan air perasan jeruk nipis. Minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

 

Bagikan ini :