Mengenal Jenis Bumbu Dapur Dan Fungsinya

Diposting pada

Siapapun setuju bahwa salah satu kunci dari kelezatan sebuah masakan adalah dari bumbu yang digunakan. Apalagi jika kita berbicara mengenai masakan nusantara, bumbu-bumbu dapur khas nusantara menjadi rahasia utamanya. Tetapi, ada banyak sekali bumbu dapur yang ada di Indonesia dengan fungsi dan karakter yang berbeda. Yuk Moms, kenali lebih dalam berbagai bumbu dapur wajib khas nusantara untuk bantu sempurnakan cita rasa dari masakan yang kamu miliki!

  • Ketumbar

Mirip dengan biji lada tetapi lebih kecil dan lebih gelap. Selain itu terasa tidak berisi dan lebih ringan dari lada. Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu ini. Dengan bumbu tersebut aroma masakan akan lebih nyata. Pilih biji ketumbar yang utuh dan berbutir besar. Sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan dan simpan dalam toples yang tertutup rapat. Haluskan ketumbar bersama bumbu lainya sebelum digunakan.

  • Serai

Serai atau sereh merupakan tumbuhan anggota suku rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengahrumkan makanan. Minyak serai adalah minyak astiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk baik berupa tanaman ataupun minyak.

  • Cengkeh

Cengkeh digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara – negara eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan dapat memberikan aroma yang kuat sekaligus hangat. Juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Minyak essensial dari cengkeh mempunyai fungsi anastetik dan antimicrobial. Minyak cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan bau napas  dan untuk menghilangkan sakit gigi.

  • Legkuas

Bagian yang dimanfaatkan adaah rimpangnya yang beraroma khas. Lengkuas dapat memberikan aroma segar pada hidangan tumis, pindang, dan hidangan berkuah santan. Cara memanfaatkan lengkuas sebagai bumbu adalah dengan cara dimemarkan, dipotong tipis kemudian dimasukkan ke dalam masakan, atau dihaluskan bersama dengan bumbu lainnya.

  • Temu Lawak

Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Disisi lain temu lawak juga mengandng senyawa yang dapat mengusir nyamuk.

  • Biji Buah Pala

Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap roti atau kue, pudding, saus, sayuran, dan minuman penyegar. Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.

  • Asam Kandis

Asam kandis dimanfaatkan buahnya. Rasa buah masam, sedangkan kulit buah rasanya asam kelat dan dijadikan bumbu dapur, selai, campuran kari, serta buah segar dibuat acar. Asam kandis banyak dipakai dalam masakan dari Sumatera  seperti rendang, pindang ikan, dan pindang daging.

  • Jahe

Jahe tua yang segar biasaanya dipakai untuk hidangan tumis, hidangan berkuah terutama seafood dan minuman, karena beraroma tajam, dan menghilangkan bau anyir. Jahe bubuk dapat digunakan untuk menambah aroma pada kue-kue dan biskuit,sirup, serta campuran bubuk rempah. Manisan jahe dipakai untuk campuran cake dan taburan es krim karena rasanya lebih manis. Acar jahe dipakai untuk pelengkap hidangan bakar atau panggang.

  • Jintan

Jintan putih selain digunakan untuk menyedapkan masakan, juga memiliki kegunaan lainnya bagi kesehatan. Jintan putih dalam bentuk biji atau sudah dihaluskan merupakan bumbu atau penyedap masakan berbagai sajian masakan. Jintan putih yang masih berbentuk biji sudah digunakan sejak jaman yunani kuno sebagai penyedap masakan untuk olahan daging, ayam ataupun ikan.

  • Kemiri

Kemiri sering digunakan dalam masakan Indonesia dan Malaysia. Di Pulau jawa, kemiri juga dijadikan saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Kemiri juga dibakar dan dicampur dengan pasta dan garam untuk bumbu masak khas Hawai yang disebut imona. Imona adalah bumbu masak utama membuat poke tradisional Hawai.

  • Kencur

Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Jamu beras kencur sangat populer sebagai minuman penyegar. Di Bali urap dibuat menggunakan daun kencur.

  • Kunyit

Biasa dipakai untuk mewarnai nasi kuning, bumbu opor, kari dan gulai. untuk memperoleh warna yang tajam, pilihlah kunyit yang tua, berumbi besar dan mulus. Kunyit dapat disimpan ditempat sejuk dan dingin. Biasanya sebelum digunakan dan dihaluskan dengan bumbu yang lain, kunyit dibakar terlebih dahulu.

  • Lada

Lada atau merica adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah yang diambil bijinya. Lada komponen yang sangat penting dalam masakan dunia. Pada dasarnya lada digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa pedas yang menghangatkan tubuh. Sebaiknya sebelum dipakai lada disangrai terlebih dahulu untuk menghasilkan aroma yang lebih tajam.

  • Kayu Manis

Kayu manis digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Rempah ini memang sangat unik karena menggunakan bagian kulit dari batang pohon kayu manis. Berbagai macam kuliner Indonesia banyak menggunakan kayu manis untuk bumbu masakannya. Seperti semur daging dimana kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

 

 

Bagikan ini :