Mengenal  Warna Darah Menstruasi Pada Wanita

Diposting pada

Sebagai wanita, kita dikodratkan untuk mengalami menstruasi setiap bulannya. Ini suatu anugrah dari Tuhan. Karena hanya wanita lah yang mengalaminya dan menstruasi sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Namun di sini Mama Pintar akan membahas macam-macam warna darah menstruasi , karena dengan mengetahui warna darah menstruasi, kita bisa tahu apakah itu normal atau tidak ?

  1. Warna Coklat atau Merah Tua

Pada saat awal dan akhir menstruasi, warna darah yang keluar akan berwarna coklat atau merah tua. Warna darah menstruasi seperti ini adalah normal.

Darah anda tidak keluar deras saat awal dan akhir menstruasi.

Itu disebabkan karena darah membutuhkan waktu yg lama untuk keluar dari uterus.

  1. Warna Merah Terang

Bedakan warna merah pada darah menstruasi anda ya moms, karena ada yang terang dan gelap. Darah berwarna merah terang biasanya terjadi pada saat menstruasi hari kedua dan ketiga. Saat itu dinding rahim melepaskan sel telur yang tidak dibuahi dengan sangat cepat. Saking cepatnya luruh, tidak ada waktu bagi molekul lain untuk menggelapkan warnanya.

  1. Warna Merah Muda Atau Pink

Darah menstruasi berwarna merah muda atau pink biasanya keluar dalam bentuk bercak pendarahan. Beberapa orang kerap mengalami mid cycle spotting. Menurut  Margaret Romero, yang merupakan pakar ilmu keperawatan di AS, ia mengatakan bahwa warna pink tersebut disebabkan karena kurangnya kadar estrogen. Terlebih jika diiringi dengan darah yg bervolume sedikit dan menstruasi yang tidak teratur. Hati-hati, jika kekurangan estrogen bisa menyebabkan vagina kering, tubuh lemas, bahkan menyebabkan gairah seks menurun…maka dari itu jika mommies mengalami ini, segera konsultasikan dengan dokter ya.

  1. Warna merah keabuan

Apabila warna darah haid Anda abu-abu, sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter. Ini bisa jadi karena gejala infeksi atau malah tanda keguguran. Anda mungkin tidak sadar kalau sedang hamil.

Lantas, kapan kita sebaiknya harus waspada?
Selain pada saat darah haid mengalami perubahan warna, ada beberapa faktor lain yang perlu diwaspadai, yaitu :

1. Banyaknya volume darah yang keluar saat haid. Normalnya darah haid keluar adalah sebanyak 40 cc atau sekitar 3 sendok makan per harinya.

2. Periode Haid yang memanjang lebih dari 7-8 hari. Normalnya wanita memiliki peroide haisd selama 3-5 hari.

3. Siklus haid terganggu , yaitu lebih cepat dari 21 hari atau lebih lama 35 hari dari HPHT (hari pertama haid terakhir). Siklus normal wanita haid adalah 21-35 hari. Dan rata-rata perempuan memiliki siklus haid 28 hari. Ini penting bagi kita untuk tahu siklus haid kita.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagikan ini :