MENGETAHUI KESEHATAN TUBUH DIRI SENDIRI DENGAN  MEMPERHATIKAN WARNA URINE

Diposting pada

Sebagian besar dari kita tidak memperhatikan perubahan urin kita. Tetapi, penting untuk membedakan antara bau dan warna yang baik dan buruk. Urine terdiri dari garam, air, dan bahan kimia seperti asam urat dan urea, atau dengan kata lain, limbah cair. Limbah ini dapat membantu menyaring racun dari hati dan darah. Karena itu, memiliki urine yang sehat berarti tubuh juga sehat. Berbagai perubahan dalam tubuh karena memiliki penyakit, atau karena makanan, dan obat-obatan dapat sangat mempengaruhi perubahan warna urin. Urin normal dan sehat adalah yang berwarna emas atau kuning pucat. Pigmen yang menghasilkan warna adalah urochrome. Selanjutnya, warna berubah tergantung pada apa dan berapa banyak yang Anda konsumsi. Jika Anda minum lebih sedikit cairan, seperti air, misalnya, warna urin bisa menjadi lebih pekat. Jadi, dehidrasi bisa membuat urine berwarna kuning.

Warna urine yang tidak normal kadang-kadang, warnanya dapat berubah secara drastis, seperti biru, merah, coklat gelap, hijau, atau putih keruh. Warna-warna ini tidak normal. Selain itu, ada banyak hal yang dapat menyebabkan warna yang tidak biasa ini. Misalnya, mengkonsumsl beberapa obat yang tidak sesuai, pengaruh makanan tertentu, infeksi, cedera, atau kondisi medis yang serius. Oleh karena itu, anda harus mencari perhatian medis, jika Anda mengalami perubahan ini di dalam tubuh anda.
Berikut adalah beberapa warna urine yang tidak biasa yang harus Anda ketahui :

1. ORANGE

Jika urin berubah menjadi orange, itu mungkin artinya anda telah mengkonsumsi terlalu banyak vitamin B2, antibiotik isoniazid, atau phenazopyridine obat ISK (Infeksi Saluran Kemih). Selain itu,warna urine menjadi orange bisa menjadi tanda dehidrasi atau masalah dengan hati. Namun demikian, Anda harus mencari perhatian medis.

2. MERAH ATAU MERAH MUDA

Beberapa makanan yang tidak berbahaya dapat menyebabkan perubahan dalam urin ini, seperti makan wortel, bit, rhubarb, atau blackberry terlalu banyak. Namun, beberapa obat seperti rifampisin antibiotik dapat menyebabkan perubahan warna juga. Apapun masalahnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk melihat apakah Anda memiliki masalah prostat, tumor, atau penyakit ginjal.

3. BERBUSA

Jika urin Anda terlihat berbusa setiap saat, Anda harus mengunjungi dokter. Ini mungkin berarti Anda memiliki masalah dengan ginjal.

4.  HIJAU ATAU BIRU

Jika Anda telah mengonsumsi obat-obatan seperti promethazine atau propofol anestesi, obat-obatan tersebut dapat mengubah pigmen urin. Karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika perubahan ini tidak kunjung hilang.

Pada akhirnya, Anda harus selalu menyadari perubahan apa pun yang mungkin terjadi pada urin Anda. Apakah perubahan warna muncul karena salah makan makanan atau mengambil beberapa obat baru, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, jika ketika kencing, urine anda mengeluarkan kotoran, disertai rasa sakit di perut, atau muntah,ini berarti bahwa Anda memiliki beberapa masalah dalam tubuh anda yang perlu diperiksakan ke dokter.

-Semoga Bermanfaat-

Bagikan ini :