Sering Susah Tidur pada Malam Hari? Coba Tekan “3 Titik Tubuh Ini” Saat Sebelum Tidur, Insomnia Pasti Jauh-jauh dari Bunda!

Diposting pada

Apa Bunda sering mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari? Mungkin Bunda mengidap insomnia! Sebenarnya, ada cara-cara untuk mengatasinya, tak perlu minum obat tidur, karena  kita tahu kalau obat tidur itu tak baik jika dikonsumsi berkepanjangan. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menekan titik akupuntur pada tubuh. Teknik ini diambil dari pengobatan tradisional Tiongkok, yang bertujuan untuk melancarkan kembali saraf-saraf dan aliran yang berhubungan dengan kualitas tidur kita. Selain bisa menghilangkan insomnia, tips ini juga bisa membuat tidur lebih nyenyak lho!

Tekan 3 titik ini untuk say halo pada mimpi indah dan bye-bye kepada insomnia!

 

Titik pertama: Titik ini terletak pada bagian dalam kaki pada tengah-tengah. Penekanan pada titik ini dapat menenangkan pikiran bunda  sebelum tidur. Pijat titik ini kurang lebih 3 menit. Tak hanya pikiranmu menjadi  tenang, tidur menjadi  nyenyak, tapi juga bisa meringankan diabetes! Buat yang bunda punya diabetes boleh nih sering-sering pijat titik ini!

Titik kedua: Titik ini terletak pada bagian bawah telapak kaki. Caranya kepalkan tangan lalu tekan titik ini sebanyak 100 kali, atau gunakan jari kedua tangan dan pijat-pijat selama 3 menit. Pijatlah dengan lembut sambil menenangkan pikiran dan mengatur pernafasan. Sambil memijat, buang semua pikiran dan perasaan yang tak enak, apapun tak dipikirkan dan secara alamiah akan mengantuk dalam waktu singkat. Boleh pijat dalam keadaan lampu kamar mati, dengan begitu akan membuat lebih mudah tertidur.

Titik ketiga: Titik ini terletak sekitar 5 cm pada bawah pusar. Pijat titik ini dengan lembut dengan gerakan memutar kira-kira 3 menit.

Tips untuk mencegah insomnia:

  • Jangan bergadang

Banyak orang pasti pernah bergadang, entah karena tuntutan kerja, lembur atau main game sampai larut malam. Pola tidur yang tak teratur dalam mengakibatkan insomnia. Hindari juga minuman berkafein seperti teh atau kopi untuk dikonsumsi pada 4 jam sebelum tidur.

  • Hindari stres dan tenangkan pikiran

Aturlah kegiatan, pekerjaan sesuai dengan kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri atau memasang harapan yang terlalu tinggi, malah membuat diri sendiri merasa tertekan.

  • Hidup teratur

Hidup teratur bukan hanya penting untuk menjaga kesehatan tetapi juga menjaga kualitas tidur. Tanpa istirahat yang baik, tubuh tak akan bisa berfungsi dengan baik. Pastikan hidup dengan teratur dan tidur yang cukup.

  • Berolahraga

Olahragalah setiap pagi dan sore, seperti jogging, yoga, senam dan lain-lain. Olahraga minimal setengah jam saja setiap hari sudah dapat membuat tubuh kita rileks dan dapat bekerja dengan baik pada waktu siang. Olahraga juga dapat meningkatkan mood dan membuat tidur menjadi lebih awal juga nyenyak.

  • Pola makan seimbang

Pastikan makan 3 kali sehari dengan nutrisi yang seimbang dan sesuai porsi yang dibutuhkan, tak terlalu sedikit atau berlebihan. Hindari makan berlebihan, terutama pada malam hari

  • Rendam kaki

Rendam kaki selama 10 menit setiap malam dengan air hangat sambil dipijat-pijat.

  • Hindari kegiatan yang terlalu seru atau berpikir terlalu banyak sebelum tidur

Hindari nonton TV, film atau lainnya yang membuatmu merasa ‘terbangun’, melainkan, lakukan kegiatan yang menenangkan pikiran seperti baca buku atau minum segelas susu hangat.

Semoga bermanfaat! Jangan lupa share  ke temen-temen Bunda yang insom!

 

Sumber: pretties

Bagikan ini :