©Toa55/iStockphoto

Ada Garis Putih di Kuku Jari? Inilah Artinya Moms

Diposting pada

Tubuh kita menyimpan berbagai rahasia Moms, salah satunya garis putih yang ada di kuku jari kita. Ada yang mengatakan bahwa garis putih di kuku ini memiliki mitos, lo. Kalau garis ada di kuku tangan sebelah kanan, ada yang menyukai kita, sedangkan jika garis putih ada di kuku jari kiri, maka artinya ada yang tidak suka pada kita. Selain mitos tadi, garis putih yang muncul di kuku juga dianggap karena kita kekurangan beberapa zat gizi, seperti vitamin, kalsium, atau zinc. Wah, ternyata anggapan mengenai garis putih di kuku kita ada bermacam-macam, ya. Tapi sebenarnya apa, ya, penyebab munculnya garis putih di kuku jari kita?

Kenapa Ada Garis Putih di Kuku?

Garis putih di kuku jari kita ada sebutannya, nih, Moms, yaitu leukonychia. Wah, namanya terdengar seperti sesuatu yang serius dan berbahaya, ya?  Tapi tenang saja, Moms. Meskipun nama garis putih ini terdengar serius dan berbahaya, sebenarnya garis putih di kuku tidak berbahaya, kok. Garis putih bisa muncul di kuku karena beberapa sebab, misalnya karena adanya trauma ringan atau sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Ketika terdapat garis putih di kuku, beberapa orang tidak menyadari proses munculnya garis putih ini, karena pertumbuhan kuku berlangsung dengan lambat. Hal ini kemudian menyebabkan mereka tidak menyadari trauma atau cidera yang pernah terjadi pada kuku beberapa waktu sebelumnya. Selain karena trauma atau cedera, munculnya garis putih di kuku juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, lo, misalnya ada infeksi ringan pada kuku atau alergi pada obat tertentu. Kalau Moms sedang mengonsumsi suatu obat dan muncul garis putih ini, maka bisa jadi merupakan reaksi dari obat itu atau Moms tidak cocok dengan obat tersebut.

Garis Putih Juga Bisa Menjadi Tanda Penyakit Tertentu

Leukonychia biasanya lebih banyak muncul di kuku jari tangan dibandingkan kuku jari kaki, nih, Moms. Kalau Moms pernah melihat adanya garis putih di kuku jari, biasanya garis hanya ada satu atau dua di setiap kuku. Tapi kalau Moms melihat ada banyak garis putih yang muncul di kuku jari, hal ini bisa saja menandakan suatu kondisi medis yang lumayan serius, lo. Kondisi medis tersebut misalnya penurunan fungsi ginjal, anemia, atau diabetes, dan sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Ada Berbagai Jenis Leukonychia

Garis putih yang terdapat pada kuku jari kita ternyata ada berbagai jenis yang menandakan kondisi medis tertentu, lo.

  • Leukonychia totalis adalah saat garis putih muncul di seluruh bagian kuku jari, yang bisa saja menandakan kondisi tubuh kekurangan albumin. Albumin adalah segala jenis protein yang larut dalam air atau garam dan pada manusia. Albumin diproduksi dalam hati, sehingga kekurangan albumin bisa jadi menandakan tubuh kita mengalami kesulitan menyerap protein dari makanan.
  • Leukonychia partialis, yaitu pemutihan kuku yang berbentuk titik-titik dan ada tiga jenis, yaitu belang-belang, melintang, atau membujur yang muncul di bagian lempeng kuku.Nah, kondisi ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab leukonychia totalis, lo. Leukonychia striata terjadisaat garis putih pada kuku terlihat seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku. Garis putih jenis ini biasanya menandakan bahwa kita kekurangan vitamin dan nutrisi, lo, Moms.
  • Nah, yang terakhir adalah leukonychia punctata, yaitu jenis garis putih di kuku yang paling sering dijumpai. Garis putih yang biasanya muncul di beberapa  kuku jari ini disebabkan oleh adanya trauma atau cidera pada kuku. Leukonychia biasanya akan menghilang dengan sendirinya, seiring dengan pertumbuhan atau regenerasi kuku.

Source : Hello Sehat

Bagikan ini :