Cara Jitu Mengobati Jerawat Secara Alami dan Efektif Menggunakan Pepaya, Patut Dicoba Moms!

Diposting pada

Jerawat bisa diobati dengan menggunakan beberapa bahan alami. Selain aman, bahan-bahan ini juga dipercaya efektif menghilangkan jerawat membandel yang menganggu penampilan. Salah satu diantara bahan alami yang efektif untuk mengobati jerawat adalah pepaya. Pepaya mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam pepaya dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat.

Selain itu, pepaya juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati serta meremajakan kulit. Meskipun banyak beredar obat jerawat berupa salep atau bentuk lain, tidak ada salahnya mencoba bahan alami yang tentu aman dan efektif. Berikut empat cara ampuh mengobati jerawat secara aman dengan pepaya:

1. Pepaya dan madu

Kupas pepaya kemudian potong kecil-kecil. Haluskan kedua bahan ini menggunakan blender. Lalu gunakan kedua campuran tersebut sebagai masker di seluruh wajah atau cukup pada area yang berjerawat. Diamkan selama 40-45 menit, setelah itu cuci wajah dengan air biasa. Lakukan cara ini secara teratur. Madu berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan melembabkan kulit.

2. Pepaya dan cuka apel

Cuka apel berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit dan mengurangi peradangan. Haluskan pepaya yang telah matang. Tambahkan air dan cuka apel dengan pepaya yang telah halus. Ambil kain atau handuk berbahan lembut dan rendam di air hangat. Peras kain tersebut lalu letakkan pada wajah dalam beberapa menit. Setelah itu gunakan bahan yang telah dihaluskan pada wajah. Tunggu sampai kering dan bilas setelahnya.

3. Pepaya dan jeruk

Pepaya dan jeruk berfungsi untuk mengendalikan minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit. Haluskan pepaya kemudian ambil dua sendok makan. Haluskan jeruk dan ambil satu sendok jus jeruk tersebut. Campurkan keduanya. Gunakan campuran tersebut di wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

4. Pepaya dan bubuk cendana

Cendana berfungsi sebagai eksfoliator yang baik dan dapat mendetoksifikasi kulit. Gunakan pepaya yang matang dan potong setengah bagian dari pepaya menjadi potongan kecil. Haluskan menggunakan blender. Tambahkan satu sendok teh bubuk cendana ke dalam blender. Tambahkan juga satu sendok teh madu. Haluskan bahan-bahan tersebut. Setelah halus, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah kering bilas dengan air bersih.

Source: Tribunnews.com

Bagikan ini :