Gak Kunjung Sembuh? Inilah Cara Mencegah dan Mengobati Kuku Cantengan

Diposting pada

Kelihatannya sepele sih, tetapi kalau tidak memperhatikan kesehatan kuku, bisa-bisa Momsterkena cantengan. Apa itu cantengan? Cantengan atau ingrown nail merupakan kondisi kuku kaki atau tangan yang bagian ujungnya tumbuh ke dalam daging jari. Biasanya sih, cantengan terjadi pada area kaki.

Awalnya mungkin Moms sepelekan, tetapi lama-lama kok sakit juga ya? Kalau dibiarkan, bisa-bisa kakimu membiru dan terasa sangat perih loh. Kalau sudah parah, mau tidak mau Moms harus operasi! Gak mau kan? Karena itu, yuk simak cara mencegah dan mengobati kuku cantengan berikut ini.

Cara Mencegah

1. Hindari memotong kuku terlalu pendek
Biasakan kalau potong kuku disisakan sedikit ya. Itu untuk menghindari kuku tumbuh ke dalam kulit. Lama-kelamaan kuku yang terlalu pendek itu bisa menembus kulit hingga ke daging loh! Perih banget.

2. Jangan pakai sepatu terlalu sempit
Mau sebagus apa pun sepatumu, kamu juga perlu memerhatikan kenyamanan kakimu. Hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit. Itu karena kakimu pun bertumbuh. Gak cuma bikin kakimu sakit, tapi juga bisa bikin cantengan. Yuk, cari sepatu baru! Gak perlu mahal-mahal, asal nyaman.

3. Untuk para wanita, jangan terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi
Sama seperti sepatu sempit, sepatu hak tinggi memberikan tekanan lebih besar pada ujung kaki dan jari. Jika kamu sudah ada gejala cantengan, bisa-bisa makin parah.

4. Hindari benturan dengan benda keras, seperti kaki meja atau pintu
Benturan kaki dengan benda-benda keras mungkin gak terhindarkan. Namun, kamu bisa mengantisipasinya dengan berjalan lebih hati-hati ya. Benturan yang terjadi terus-menerus berisiko membuat kuku jarimu patah dan ujung-ujungnya tumbuh ke dalam atau cantengan.

Mengobati Kuku Cantengan

1.Jika kamu cantengan, rajin-rajinlah merendam kakimu dengan air hangat
Merendam kaki dengan air hangat berguna untuk menjaga jari agar tetap bersih dan bebas bakteri. Selain itu, juga bisa meringankan rasa sakit akibat bengkak. Kamu bisa melakukannya 3-4 kali sehari selama 15 menit. Tambahkan garam epsom untuk memberikan sensasi lebih nyaman. Setelah direndam, kamu bisa menggunakan cutton bud untuk mendorong kulit agar gak mendekati kulit.

2. Kamu pun bisa menambahkan cuka apel ke dalam air rendamanmu
Merendam kaki dalam campuran cuka apel bisa membuat kakimu lebih baik. Itu karena cuka apel mempunyai sifat antiseptik, antinyeri dan antiradang. Kamu bisa merendam kakimu selama 20 menit.

3. Taruh kapas atau kasa di bawah kuku yang cantengan
Taruhlah gumpalan kapas atau kasa untuk mengobati cantengan. Cara ini akan membantu menggeser kuku ke arah yang benar. Angkat pelan-pelan ujung kuku, lalu sumpalkan kapas atau kasa di antaranya. Meski agak gak nyaman, namun ini bisa mengurangi rasa nyeri akibat cantengan.

4. Minum obat penghilang rasa nyeri dan salep antibiotik
Jika terasa amat ngilu, minumlah obat penghilang rasa nyeri, seperti ibuprofen atau parasetamol. Oleskan juga salep antibiotik untuk mencegah infeksi.

5. Pakai sandal atau sepatu berbahan kain halus
Jika sudah telanjur kena cantengan, pakai sandal atau sepatu kain dulu ya. Itu akan membuat kakimu lebih baik dan gak terasa ngilu.

 

Cantengan yang gak ditangani dengan baik akan membuat jari kakimu makin mengeras, bengkak, kemerahan, bernanah dan terasa nyeri. Jika terus dibiarkan, cantengan berisiko menyebabkan infeksi tulang yang serius. Komplikasi bisa terjadi jika kamu juga mengalami diabetes. Jangan menunggu sampai parah untuk pergi ke dokter ya!

 

Sumber: idntimes.com

Bagikan ini :