Inilah Cara Mudah Hilangkan Bau Sepatu, dari Pakai Baking Soda, Alkohol, Kulit Jeruk Hingga Kantong Teh

Diposting pada

Bau sepatu merupakan masalah yang umum bagi setiap orang, khususnya bagi mereka yang sering beraktivitas menggunakan sepatu yang sama.Masalah bau sepatu tak hanya mengganggu, Tetapi juga akan membuat kita tak percaya diri. Tentu saja, sepatu tidak akan menjadi bau jika kaki yang memakainya tidak bau.

Banyak orang memiliki masalah ini. Namun beberapa orang memilih untuk tidak mengakuinya, sementara yang lain telah melakukan berbagai cara mengatasinya, tetapi gagal.Apa yang membuat sepatu bau? Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan bau sepatu, mari kita perhatikan terlebih dahulu penyebab bau sepatu berikut ini Moms:

1. Bakteri

Ini adalah penyebab paling umum dari bau sepatu. Bakteri yang datang dari keringat dan tempat lain, akan melekat pada sepatu. Bakteri akan berkembang terutama dalam keadaan lembap.

2. Keringat

Secara alami, kaki akan berkeringat. Keringat inilah yang menyebabkan bakteri muncul dan bahkan berkembang biak.

3. Masalah kaki lainnya

Ada kalanya bau disebabkan oleh luka yang terinfeksi. Jika Moms memiliki luka yang memerlukan perhatian khusus, maka tanganilah dengan segera.

Cara alami menghilangkan bau sepatu

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan menyingkirkan bau yang dapat tercium oleh orang lain, terutama ketika Moms melepas sepatu. Berikut cara-cara alami menghilangkan bau sepatu yang dapat dilakukan di rumah:

1. Menggunakan baking soda

©shutterstock

Baking soda dapat bertindak sebagai pewangi yang baik untuk sepatu, dan terkadang untuk kaki.Hanya saja, jangan lupa untuk menghapus baking soda dari dalam sepatu pada pagi hari agar serbuk tidak menempel di kaus kaki ketika sepatu digunakan.Setelah selesai menggunakan sepatu, taburi sedikit baking soda pada bagian dalam sepatu.Diamkan semalaman, setelah itu bersihkan baking soda sebelum menggunakan sepatu kembali.

2. Meletakkan kulit jeruk di dalam sepatu

Kulit jeruk juga dapat menyingkirkan bau sepatu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sifat anti-bakteri yang terdapat dalam kulit jeruk.Oleh karena itu, jeruk dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan membunuh bakteri yang hadir dalam sepatu.Bau jeruk yang kuat akan menyerap bau busuk di sepatu sekaligus menawarkan kesegaran di sepatu.Caranya adalah dengan mengambil 2 buah jeruk dan kupas kulitnya.Tempatkan kulit jeruk tersebut pada sepatu dan biarkan semalaman sehingga kulit jeruk akan menyerap bau sepatu dan memberikan keharuman.

3. Meletakkan kantong teh di dalam sepatu

©shutterstock

Jika ingin menyingkirkan bakteri yang berada di dalam sepatu, Moms dapat menggunakan teh celup hitam. Teh celup hitam mengandung tanin yang sangat efektif membunuh bakteri yang dapat ditemukan di dalam sepatu. Tempatkan kantong teh di atas air mendidih selama beberapa menit, lalu angkat dan biarkan dingin selama 5 menit, kemudian letakkan di dalam sepatu, sebaiknya di atas wadah yang kedap air. Diamkan selama satu jam atau lebih, kemudian lap cairan teh yang tersisa di sepatu.Moms juga bisa menggunakan kantong teh baru yang masih kering, alias belum dicelup dalam air panas.

4. Meletakkan bawang bombay di dalam sepatu

Mungkin kesannya aneh, namun bawang bekerja dengan baik dalam menghilangkan bau pada sepatu dengan menyerap bau busuk. Potong 2-3 bawang bombay dan jaga agar potongan bawang berada di dalam sepatu. Tinggalkan bawang bombay dalam sepatu selama beberapa jam untuk menghilangkan bau sepenuhnya.

6. Merendam sepatu dalam alkohol

Moms telah mengetahui bahwa bakteri merupakan penyebab utama dari bau sepatu, oleh karena itu alkohol dapat digunakan untuk menghilangkannya. Alkohol tidak hanya mencegah pertumbuhan bakteri dengan membunuhnya, tetapi juga menghilangkan bau busuk dari sepatu. Untuk mensterilkan sepatu, pertama-tama bersihkan sepatu, kemudian ambil alkohol pembersih dan rendam sepatu di dalamnya selama beberapa waktu. Angkat sepatu dan biarkan hingga kering sepenuhnya. Ini dapat membantu sepatu terbebas dari bau tak sedap.

7. Mengangin-anginkan

Umumnya sepatu menjadi bau karena dipakai terus menerus tanpa diberi kesempatan “bernafas”. Karenanya salah satu cara menghilangkan bau adalah berganti-ganti sepatu, dan biarkan sepatu yang baru saja dipakai mendapatkan udara segar. Moms bisa melonggarkan tali sepatu dan membukanya lebih lebar agar bagian dalam sepatu mendapat udara segar dan tidak lembap. Sebaiknya sepatu diletakkan di tempat teduh yang dialiri angin.

Source: tribunnews.com

Bagikan ini :