Jangan Dipercaya Ya Bunda! Ini 8 Mitos Menstruasi yang Ternyata Salah

Diposting pada

Banyak sekali mitos tentang menstruasi yang beredar di masyarakat. Kebanyakan diwariskan secara turun temurun dari generasi yang lebih tua. Dari mulai tidak boleh keramas, harus minum soda, jangan makan daging, hingga diikuti setan jika tidak bersih mencuci pembalut. Tahu tidak Bunda, ternyata, mitos tersebut tidak benar. Kabanyakan, mitos tersebut disebarkan tanpa ada dasarnya. Yuk cari tahu apa saja mitos menstruasi yang tidak benar!

  1. Minum soda bikin menstruasi jadi lancar

Tidak ada penelitian soda bisa melancarkan menstruasi. Minum soda justru akan bikin perut kembung karena soda memiliki kandungan gas. Minum soda terus-terusan juga tidak bagus untuk keseimbangan nutrisi tubuh. Jika nutrisi tubuh tidak seimbang, bisa jadi siklus menstruasi juga terganggu.

  1. Nanas membuat tubuh nyeri saat menstruasi

Tidak ada buktinya bahwa nanas bikin tubuh semakin nyeri saat menstruasi. Saat menstruasi tubuh Bunda akan memerlukan vitamin yang terkandung pada buah-buahan. Salah satu buah yang mengandung banyak vitamin adalah nanas, yakni kaya akan vitamin C. Masih takut makan nanas saat menstruasi?

  1. Makan daging bikin darah bau

Ini juga salah Bunda. Makan daging tidak akan memengaruhi aroma darah menstruasi Bunda. Sebaliknya, saat menstruasi, Bunda disarankan untuk mengonsumsi daging merah yang mengandung banyak zat besi. Zat besi itu berguna untuk menggantikan zat besi dalam tubuh Bunda yang keluar bersama darah menstruasi. Zat besi ini akan memperkuat fisik Bunda.

  1. Tidak boleh minum air es

Orang tua dulu mengatakan bahwa minum air es akan membuat darah menstruasi membeku dan tertinggal di dinding rahim. Hal itu akan membuat menstruasi jadi terhambat. Sampai saat ini, tidak ada kajian mengenai hal tersebut Bunda. Proses haid ditentukan oleh hormon estrogen dan progesterone. Menstruasi tidak lancar biasanya disebabkan oleh faktor fisik, psikis, atau penyakit tertentu.

  1. Pembalut bisa bikin mandul

Salah! Ini juga mitos yang jangan Bunda percaya ya. Terbayang kan jika tidak menggunakan pembalut saat menstruasi? Pembalut diperlukan untuk menampung darah menstruasi. Jika tidak ada pembalut, darah akan mengotori pakaian dan tentunya beraktivitas jadi tidak nyaman.

  1. Mencuci pembalut sebelum dibuang

Tidak perlu! Pembalut bekas tidak perlu dicuci karena tidak higienis saat tangan kita bersentuhan dengan darah. Mencuci pembalut juga memerlukan banyak air. Sedangkan tidak semua tempat menyediakan air yang cukup. Banyak juga toilet kering yang tidak memungkinkan Bunda untuk mencuci pembalut.

  1. Buang pembalut bekas sembarangan bisa diikuti setan

Membuang pembalut bekas sembarangan itu memang salah karena tidak higienis dan bisa menjadi sumber penyakit. Tapi tidak ada hubungannya dengan setan.

  1. Tidak boleh keramas dan potong kuku

Justru saat menstruasi Bunda harus ekstra menjaga kebersihan tubuh. Termasuk keramas dan menggunting kuku. Jadi, jangan takut lagi untuk keramas saat menstruasi ya Bunda.

Mitos mana yang pernah Bunda percayai? Share yuk!

 

Source: orami.co.id

Bagikan ini :