©instagram.com/richaeu

Jangan Pernah Membalas Kebencian Dengan Kebencian Yang Sama, Meski Itu Sangat Menyesakkan Dada

Diposting pada

Memang benar begitu sulit melawan hati untuk tidak marah saat ada yang menghina, saat ada yang mencela, saat ada yang membenci, dan saat ada yang menyakiti, namun apapun itu tetaplah kendalikan diri untuk tidak membalas hal yang sama.
Maka sungguh kebencian yang tadinya hanya sedikit akan berubah menjadi kebencian yang besar, jika kamu turuti nafsumu untuk berlaku yang sama dan kebencian-kebencian yang baru akan datang menghampiri.

Kebencian Yang Dibiarkan Meradang Akan Menjadi Kebencian yang Besar

Walau benar telah begitu besar perlakuan buruk yang dia lakukan kepadamu, tetapi jangan kamu biarkan kebencian ada di hatimu terus menerus.
Karena jika kebencian dibiarkan terus meradang maka sungguh kebencian-kebencian yang besar akan datang. Intinya, jangan biarkan rasa benci dan perasaan ingin membalas terus meradang.

Jika Tidak Kamu Lunakkan Dengan Kesabaran, Hatimu Akan Keras Dengan Rasa Amarah

Dan sungguh hatimu akan semakin tebal dengan rasa dendam jika dipenuhi dengan rasa amarah, bila terus-terusan kamu biarkan ketidak sukaanmu atau kebencianmu terus dibiarkan.
Maka lunakkanlah hatimu untuk bersabar jika memang kamu tidak ingin menjadi orang yang sama seperti dia yang mendzalimimu dengan kebenciannya.

©instagram.com/richaeu

Karena Menahan Sabar Adalah Hal Yang Tidak Mudah, Namun Yakinlah Jika Kamu Berusaha Pasti Bisa

Memang benar adanya ketika kamu berkata “menahan sabar itu adalah hal yang sulit dan tidak seringan kalimatnya”, karena menahan sabar itu bukanlah sesuatu yang mudah, tapi kamu selalu punya kesempatan untuk berusaha dan berlatih.
Maka teruslah kamu berlatih, hingga kamu lupa caranya untuk mengeluh sulit, dan pada akhirnya kamu benar-benar kuat walau yang membencimu kini semakin besar rasa bencinya.

Sungguh Emosimu Hanya Akan Membuat Hina Dihadapan Allah, Maka Jangan Biarkan Hatimu Penuh Emosi

Ingatlah, jangan biarkan hatimu penuh dengan emosi, karena jika emosimu kamu biarkan semakin menjadi-jadi itu hanya akan membuatmu hina dihadapan Allah.
Biarkan saja mereka memperlakukanmu buruk sesuka hatinya, namun kamu harus semakin kuat mengendalikan hatimu untuk selalu kuat dengan kebaikan dan rasa ikhlas.

Tidak Ada Gunanya Membenci yang Membencimu, Karena yang Ada Nanti Kamu Malah Berdosa

Sungguh tidak ada gunanya kamu membenci dia yang membencimu dengan kebencian yang sama. Maka tenanglah, Allah melihat semua perlakuannya padamu.
Lagipula jika dipikir secara bijaksana, untuk apa membenci ataupun ingin membalas jika Allah saja telah menyediakan balasan yang sempurna atas perbuatannya.
Karena jika kamu biarkan hatimu penuh dengan rasa benci yang sama, sungguh kamu akan memiliki dosa yang sama dengannya. Maka bersabarlah, karena hanya kesabaran yang akan mengantarkanmu pada kemenangan hakiki.

Bagikan ini :