Ternyata Cocok Botol Ampuh Untuk Pengobatan Gondongan dan Penyakit Kronis Lainnya

Diposting pada

Cocok Botol, African Marigold (Tagetes erecta L.) adalah tumbuhan herba tahunan bentuknya memanjang hingga lanset menyempit, dengan bintik kelenjar bulat dekat, berwarna hijau, Bunga berbentuk bonggol (flowerhead) yang dikelilingi daun pelindung. Warna bunga kuning atau jingga dan berbau tidak sedap. Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama lain Bunga Tahi Kotok (Betawi), Gumitir (Sunda).

Cocok Botol dapat ditemukan di daerah terbuka yang terkena sinar matahari langsung dan lembab. Biasanya tumbuh di halaman rumah sebagai tanaman hias. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini antara lain Bunga mengandung tagetiin, terthienyl, helenian, dan flavoxanthin.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati gondongan (Parotitis) dan pembengkakan payudara (mastitis)

Bunga sebanyak 3-5 kuntum dilumatkan lalu dicampur dengan cuka. Kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Mengobati radang kulit bernanah (Pyodermi)

Akar 5 buah dan daun segar sebanyak 5 lembar dilumatkan, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Mengobati batuk seratus hari (Pertusis)

Bunga sebanyak 15 kuntum direbus dengan gula merah. Air rebusan disaring, air saringan dibagi dua, lalu diminum pada saat pagi dan sore hari.

Mengobati sakit gigi

Bunga sebanyak 5 kuntum dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum airnya sehari dua kali. Masing-masing ½ gelas.

Mengobati sakit mata

Satukuntum bunga yang segar dicuci, lalu direbus. Setelah dingin, disaring dan digunakan untuk mencuci mata yang sakit.

Mengobati biopeptisida

Giling bunga sebanyak 3 kuntum sampai halus, lalu tambahkan 4 gelas air. Saring dan siap digunakan untuk menyiram tanaman.

Bagikan ini :