Pengobatan Cara Alami Penyakit Radang Tenggorokan, Rematik Dengan Pecut Kuda

Diposting pada

Pecut Kuda, Jamaica Vervain (Stachytarpheta jamaicensis Vahl.) adalah tumbuhan semak dengan tinggi sekitar 20-90 cm. Batang berkayu berwarna hijau keputih-putihan, bulat, dan bercabang. Daun tunggal, berhadapan, bentuk seperti bulat telur, dan bagian ujung runcing. Bagian tepi beringgit, pangkal meruncing, panjang sekitar 4-9 cm dan lebar 2,5-5 cm. Pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau, berbulu, tangkai berukuran sekitar 1-1,5 cm. Bunga majemuk, bentuk bulir, tangkai pendek, kelopak bertajuk empat, panjang ± 5 mm, dan berwarna hijau. Mahkota berwarna ungu berbentuk tabung, bagian dalam berambut berwarna putih, bertajuk lima, tumpul, benang sari berjumlah dua. Jika masih muda, buah berwarna hijau sedangkan jika sudah tua berwarna hitam. Biji berwarna hitam berbentuk jarum, panjang ± 5 mm. Akar tunggang dan berwarna kuning muda. Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama Jarong Lelaki (Sunda), Ngadirengga (Jawa Tengah), Runjarum (Madura).

Pecut Kuda dapat ditemukan di pinggir jalan dan kebun-kebun yang tidak terawat. Dapat hidup di padang rumput dan area terbuka yang mendapatkan sinar matahari. Tumbuhan ini juga biasanya ditemukan pada ketinggian hingga 700 meter di atas permukaan laut. Pecut kuda lebih tumbuh subur pada tanah berpasir. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini antara lain Glikosida, flavonoid dan alkaloid.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati radang tenggorokan dan batuk

Pecut kuda segar sebanyak 3 buah, 2 buah kencur ukuran sedang, dan 2 siung bawang putih lalu ditumbuk sampai halus. Ditambahkan ½  gelas air gula sambil diaduk rata, lalu diperas dan disaring. Selanjutnya air yang sudah disaring diminum 3 kali sehari selama 3-5 hari.

Mengobati keputihan

Akar Pecut kuda segar sebanyak 5-6 buah, dicuci lalu diiris dan tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum yaitu pada pagi dan sore hari, masing-masing  ½ gelas.

Mengobati bisul, luka dan radang kulit bernanah

Herba Pecut kuda segar 5-8 lembar digiling sampai halus, lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

Mengobati hepatitis A

Bunga Pecut kuda sebanyak 5-10 tangkai dicuci sampai bersih, lalu dipotong-potong. Tambahkan gula batu secukupnya, lalu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring dan air saringannya diminum. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Mengobati rematik

Herba Pecut kuda segar sebanyak 5-10 lembar dicuci, lalu dipotong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, yaitu pada pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas.

Catatan:

Ibu hamil dilarang minum rebusan ramuan obat ini karena dapat menyebabkan keguguran.

 

Bagikan ini :