Obat Batuk Alami untuk Si Kecil, Cukup Gunakan Bahan-bahan Dapur Ini

Diposting pada

Ketika Si Kecil sedang batuk, Moms sebaiknya mengobatinya dengan obat batuk alami untuk anak. Selain meminimalisir resiko, obat batuk alami untuk anak juga mudah didapatkan di sekitar rumah. Moms bahkan bisa memanfaatkan bahan dapur seperti madu, jahe, serta lemon sebagai obat batuk alami untuk anak. Berikut ini beberapa bahan dapur yang bisa digunakan untuk meredakan batuk anak.

Madu
Madu dianggap sebagai obat batuk alami yang terbaik untuk anak-anak. Madu mengandung agen anti mikroba yang membantu tubuh melawan dingin. Memberikan madu pada anak sebelum tidur dapat meringankan tenggorokan, meredakan batuk, dan membuat Si Kecil lebih bugar. Namun jangan berikan ini pada bayi atau anak di bawah usia 1 tahun ya, Moms. Kalau dipaksakan mereka bisa tambah sakit karena pencernaannya belum siap mencerna madu. Salah satu cara paling aman dan termudah untuk memberikan madu pada Si Kecil adalah dengan mengencerkan madu dalam air hangat sehingga mudah dicerna.

Lemon
Lemon memiliki sifat terapeutik dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit serta radikal bebas yang masuk ke tubuh. Menggabungkan sedikit air lemon dengan madu mampu ampuh mengatasi batuk. Pastikan Si Kecil sudah siap mengecap rasa asam dari lemon ya, Moms.

Jahe
Jahe memiliki sifat antivirus, membuatnya menjadi obat yang sangat baik untuk melawan batuk yang disebabkan oleh masuk angin. Namun, jahe juga memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat. Jadi sebaiknya, Moms mencampurkan jahe dengan madu sebelum menggunakannya untuk obat batuk anak. Campurkan air panas, sedikit tumbukan jahe serta madu kemudian biarkan hingga dingin. Mintalah Si Kecil meminumnya 2 hingga 3 kaliu sehari agar batuk cepat reda.

Sup ayam
Semangkuk sup ayam dapat melakukan keajaiban jika Moms tidak ingin bergantung pada obat-obatan. Para peneliti telah menemukan bahwa sup ayam bersifat anti peradangan. Sup ayam akan menenangkan gejala dingin dengan meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Susu dan kunyit
Kunyit dan susu memberikan dapat meredakan tenggorokan kering, sakit tenggorokan, juga pilek. Kombinasi ini merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk mengatasi batuk rejan pada anak-anak. Kunyit memiliki sifat antiseptik yang membantu dalam mengobati infeksi virus.

Cairan hangat
Cairan hangat membantu mengendurkan lendir yang menghalangi saluran pernapasan di dalam tubuh. Jadi pastikan Si Kecil tetap terhidrasi ya, Moms. Moms bisa memberikan beberapa cairan hangat untuk meredakan sakit Si Kecil, seperti:
– Sup hangat dengan sayuran hijau
– Teh tanpa kafein
– Air hangat
Selain obat herbal, Moms juga melakukan perawatan untuk Si Kecil yang sedang batuk. Perawatan tersebut antara lain terapi uap, menggosok dada dengan minyak hangat, berkumur air garam, serta memijatnya.

 

 

Sumber: nakita.grid.id

Bagikan ini :