Tahukah Moms Dengan Kelembak? Sayuran Ajaib Ini Ternyata Ampuh Mengatasi Jantung dan Sembelit

Diposting pada

Apakah Moms pernah mendengar dan mengetahui sayuran ajaib bernama kelembak?Kelembak, atau dikenal di Eropa dan Amerika Serikat sebagai rhubarb adalah sayuran ajaib dengan segudang manfaat.Sayuran ajaib dengan citarasa asam satu ini banyak dimanfaatkan pada pengobatan tradisional Cina.Sedangkan di Indonesia, kelembak juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kelembak ternyata kaya akan manfaat yang jarang diketahui orang.

Berikut ini 5 manfaat kelembak yang perlu diketahui.

1. Menguatkan tulang

Kelembak mengandung vitamin K yang cukup tinggi.Vitamin K memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme dan mencegah osteoporosis.Vitamin K juga penting untuk pembentukan tulang.Kelembak juga merupakan sumber kalsium yang baik. Satu gelas kelembak mampu memenuhi 10% dari kebutuhan kalsium harian.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Tingginya kandungan vitamin K kelembak ternyata mampu meningkatkan kesehatan otak.Konsumsi kelembak dengan rutin dapat mengurangi kerusakan syaraf otak.Maka kelembak dapat mencegah penyakit otak seperti Alzheimer’s.

3. Mengatasi sembelit

Bersifat sebagai pencahar alami, kelembak dapat digunakan untuk menyembuhkan sembelit.Riset membuktikan jika kelembak memiliki efek antidiare karena mengandung tannin.Kelembak juga mengandung sennosides, zat yang dapat menstimulasi pergerakan organ pencernaan.Kandungan serat pada kelembak juga tinggi, sehingga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kelembak mampu menurunkan kolesterol jahat.Selain itu kelembak juga memiliki kalori yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika menurunkan berat badan.Ada pula kandungan catechins yang serupa dalam teh hijau, yakni zat yang mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat kelembak yang tinggi mampu membantu menurunkan level kolesterol.Konsumsi batang kelembak ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 9%.Selain itu, terdapat riset yang membahas jika zat aktif kelembak dapat melindungi arteri dari kerusakan penyebab gangguan jantung.

Source: tribunnews.com

Bagikan ini :