© assets.epicurious.com

Tak Banyak Yang Tahu, Ini Manfaat Tersembunyi dari Labu Siam

Diposting pada

Pola makan yang sehat dan teratur merupakan salah satu kunci kesehatan dalam tubuh. Tak hanya itu, pola makan yang baik juga tak menutup kemungkinan membuat badan Moms menjadi langsing dan ideal. Sayuran menjadi asupan makanan yang baik untuk tubuh, salah satunya labu siam.Biasanya labu siam dimasak menjadi tumisan, menu berkuah atau menjadi lalapan.  Tak banyak tahu, labu siam ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk simak Moms.

1.Tinggi serat

Makanan dengan serat yang tinggi dapat membantu mengobati sembelit dan menormalkan gerakan usus. Mengonsumsi labu siam merupaka  cara yang baik untuk meningkatkan kebutuhan serat. Satu buah labu siam mengandung 3,5 gram dan menyumbangkan 14 persen dari kebutuhan harian Moms. Kandungan serat ini juga membantu mengendalikan kadar gula darah, yang berguna bagi penderita diabetes. Di samping itu, labu siam juga dapat menurunkan kolesterol yang meningkatkan sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

2.Bantu turunkan berat badan

Sebuah labu siam utuh hanya memiliki 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak. Kandungan air dan serat yang tinggi ini membantu Moms merasa kenyang lebih lama, tanpa perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Moms bisa mengonsumsi labu siam sebagai makanan ringan untuk menjaga perut agar tidak mudah lapar. Teksturnya yang lembut bisa dijadikan sebagai salad atau smoothie.

3.Menyediakan vitamin yang diperlukan tubuh

Labu siam merupakan sumber folat dan vitamin C. Folat merupakan vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk kesuburan perempuan dan mencegah kanker. Jika dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, ini akan mengurangi risiko cacat lahir pada tabung saraf. Sebuah labu siam keseluruhan, mampu menyumbangkan 189 mikrogram folat dalam asupan makanan. Jumlah ini mampu memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan harian Moms.Vitamin C merupakan antioksidan penting yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas itulah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa bentuk kanker. 

4.Sumber mineral

Kandungan mineral dibutuhkan dalam tubuh setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan metabolisme, sistem kekebalan tubuh dan tulang yang kuat. Labu siam memiliki zat zinc, magnesium, kalsium, fosfor dan potassium. Zinc ini berperan dalam penyembuhan luka.Sedangkan kalsium dan magnesium menjaga tulang tetap kuat. Sementara itu, kalium mendukung fungsi saraf dan otot.

Semoga bermanfaat ya Moms.

Source: nakita.grid.id

Bagikan ini :