Tenggorokan Berdahak Padahal Nggak Lagi Batuk? Redakan dengan 7 Ramuan Herbal Sederhana ini

Diposting pada

Lendir atau dahak di tenggorokan memang normal diproduksi oleh tubuh guna melembapkan tenggorokan dan memerangkap benda atau organisme asing seperti debu, virus, dan bakteri yang akan masuk ke pernapasan. Namun kalau keluarnya lendir ini terlalu berlebihan sampai harus mendeham agar lendirnya turun, tentu bakal bikin hari-hari Moms jadi tak nyaman. Ada beberapa bahan alami yang bisa Moms temukan di rumah untuk mengusir dahak dari tenggorokan. Coba simak dulu Tips berikut.

1. Memasukkan bawang merah yang agak banyak pada sup hangat akan mengurangi dahak di tenggorokan

©healthline.com

Bawang merah mengandung senyawa iritasi yang bisa merangsangmu untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Cara konsumsinya, kamu bisa tambahkan bawang merah yang agak banyak pada sup hangat. Atau, kamu juga bisa mencampurkan potongan bawang merah ke dalam air lemon yang sudah ditambahkan gula.

2. Minumlah madu yang dicampurkan dengan teh tawar hangat untuk mengatasi dahak yang berlebihan di tenggorokan

©servingjoy.com

Madu sudah dikenal dengan khasiatnya untuk mendetoks tubuh. Untuk mengurangi dahak yang berlebihan di tenggorokan, kamu bisa mencoba mencampurkan madu ke dalam teh tawar hangat. Lalu minum selagi hangat tanpa menambahkan gula.

3. Air rebusan jahe akan membantu mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan, termasuk menghilangkan dahak yang mengganggu

©thespruceeats.com

Air rebusan jahe yang mengandung gingerol atau senyawa aktif yang bertindak sebagai antibakteri, ekspektoran, dan antiinflamasi, bisa membantu mempercepat penyembuhan infeksi saluran pernapasan. Untuk mengonsumsinya, kamu hanya perlu meminum air rebusan jahe yang ditambahkan dengan sesendok madu. Minum tiga gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Selain harum, daun salam mengandung komponen alami yang memiliki efek baik bagi paru-paru, termasuk sifat ekspektoran

©withfoodandlove.com

Ada dua cara untuk memanfaatkan daun salam sebagai obat pengencer dahak. Pertama, kamu bisa meminum air rebusan daun salam sebanyak dua cangkir setiap hari atau kompreskan ke dada dengan mencelupkan kain bersih ke dalam air rebusan daun salam tersebut.

5. Rasa daun mint yang segar dan kuat akan melegakan tenggorokan akibat tumpukan dahak

©erasmusmagazine.nl

Daun mint ini mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta meluruhkan tumpukan dahak yang menebal. Kamu tinggal masukkan daun mint ke dalam teh hangat lalu meminumnya agar dahak cepat menghilang.

6. Daun oregano yang sering kamu temukan pada masakan ala Italia ini juga salah satu obat alami pengencer dahak yang ampuh

©nutrineat.com

Kandungan minyak esensial dan zat antibiotik dalam oregano membantu memerangi infeksi yang menyebabkan produksi dahak berlebih. Kamu bisa meminum teh oregano untuk melonggarkan tenggorokan dari dahak. Meminumnya 2 sampai 3 cangkir teh dalam sehari dapat mengencerkan dahak dengan sempurna.

7. Daun thyme yang sering digunakan untuk penyedap rasa juga bisa mempercepat peluruhan dahak

©baiebotanique.com

Kandungan antiseptik, ekspektoran dan antispasmodik pada daun thyme dapat membantu meredakan batuk dan iritasi yang menjadi penyebab produksi dahak berlebih. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa meminum air rebusan thyme. Tambahkan sesendok madu agar terasa lebih nikmat.

Source: hipwee.com

Bagikan ini :