Ternyata Begini Cara Diet Arya Permana, Bocah Obesitas Viral yang Mampu Turunkan Berat Hingga 102 Kg

Diposting pada

Masih ingat kan Moms dengan Arya Permana bocah yang sempat viral karena mengalami obesitas hingga 192 kg, ternyata kini sudah terlihat makin langsing. Dua tahun sudah Arya Permana berjuang guna menurunkan bobot tubuhnya agar tidak lagi obesitas. Jalani operasi dan diet ketat Arya Permana sukses menurunkan berat badan hingga 102 kg. Publik pun dibuat penasaran dengan bagaimana cara bocah obesitas. Arya Permana turunkan berat badan dari berat sebelumnya yang nyaris 200 kg.Usaha keras Arya Permana rupanya tak lepas dari dukungan dan motivasi Ade Rai. Bahkan Ade Rai mengaku tak membayangkan kalau Arya Permana akan bisa seperti anak-anak seusianya. Berikut ini diet yang dijalani oleh Arya Permana:

1.Operasi Penyempitan Lambung

Pada April 2017, Arya Permana berhasil menjalani operasi penyempitan lambung. Operasi penyempitan lambung ini dilakukan oleh tim dokter Rumah Sakit Omni Alam Sutera, Tangerang. Lantaran berat tubuhnya yang abnormal, pihak rumah sakit menyarankan Arya untuk melaukan operasi penyempitan rongga lambung. Hal ini dilakukan supaya Arya mudah kenyang dengan makanan porsi normal atau sedikit. “Berat saya turun drastis sejak operasi Bariatrik di RS Omni Alam Sutera, Tangerang. Lambung saya ‘dikecilin’ sejak itu nafsu makan saya berkurang dan saya makan enam sendok saja sudah kenyang,” Imbuh Arya. Ayah dari Arya Permana mengatakan dari operasi ini, lambung putranya hanya disisakan 30% dari ukuran normal. Berkat operasi ini Arya kini sudah merasa kenyang meski hanya makan 5-6 sendok makan saja.

2. Mengubah Pola Makan

Pasca operasi, pola makan Arya dijaga ketat oleh keluarganya. Mulai dari mengubah porsi yang biasa ia makan sampai mengganti jenis makanan yang biasa Arya santap. Biasanya, dalam sehari Arya sanggup menyantap tiga sampai empat porsi makan orang dewasa. Tidak hanya itu, ia juga kerap mengkonsumsi tiga sampai empat bungkus mi instan setiap hari. Kini Arya makan dengan porsi normal. Untuk menjaga gizi dan nutrisi dalam tubuhnya, Arya juga mengkonsumsi susu protein sesuai arahan dokter.

3. Hindari makanan dan minuman manis

Bukan rahasia lagi jika konsumsi glukosa dan karbohidrat secara berlebihan mampu membuat berat badan naik dengan cepat. Dalam menurunkan berat badan, Arya menerapkan diet ketat dengan konsumsi gula sesuai arahan dokter. Pasca operasi penyempitan lambung, Arya mulai mengurangi konsumsi minuman manis dan memperbanyak minum air putih. Sebelumnya, Arya biasa mengkonsimsi 20 gelas minuman rasa buah instan dalam sehari. Hingga kini, Arya mengaku masih dalam pemantauan tim dokter yang mengharuskannya menjalani diet ketat dengan menghindari minuman manis dan mengonsumsi makanan sehat. Arya pun bertekad untuk menurunkan berat badannya hingga di bawah 60 kg.

4. Rajin Olahraga

Selain menjaga pola makan, Arya juga menjalani olahraga secara rutin. Bahkan, Arya mendapat bantuan dari binaragawan Ade Rai. Melalui media sosial Instagram, Ade Rai kerap kali membagikan upaya diet sehat yang dilakukan oleh Arya Permana. Postingan yang diunggah oleh Ade Rai pada 10 September 2018 ini contohnya. Dapat video tersebut terlihat upaya Ade Rai ketika mendampingi Arya Permana ketika berolahraga. Binaragawan kelahiran Jakarta itu juga tampak mendampingi ketika Arya menyantap menu diet yang ia pilihkan. Berkat saran dari Ade Rai, Arya kini kerap tampak bermain bulu tangkis dan sepak bola bersama teman-temannya.

 

Source: grid.id

Bagikan ini :