Anting Anting Secara Turun Temurun dari Nenek Moyang Kita dipercaya Dapat Menyembuhkan Mimisan dan Diare

Diposting pada

Acalypha australis L atau di Indonesia disebut dengan Anting Anting secara turun temurun dari nenek moyang kita dipercaya mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Anting – Anting mempunyai efek farmakologis sebagai Anti biotik, anti radang, peluruh seni, Astringent menghentikan pendarahan (hemostatik). Tidak hanya daun tetapi semua bagian tanaman ini mempunyai manfaat baik itu dalam kondisi segar ataupun kering.

Anting – anting dibudidayakan dengan menggunakan biji. Tanaman ini sangat mudah dipelihara dan seperti tanaman lain juga membutuhkan air dengan penyiraman merata atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup sinar matahari dan sedikit agak terlindung.

Berikut ini adalah khasiat dari Anting – anting  beserta  cara pengolahannya

Disentri Amoeba

Tanaman kering (seluruh batang) sekitar 30-60 gram direbus, air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk 5-10 hari.

Dermatitis, Eksema, Koreng

Herba segar secukupnya direbus, air rebusannya untuk cuci kulit yang sakit.

Batuk, mimisan dan berak darah

Tanaman kering 30-60 gram, direbus dan diminum setelah dingin.

Pendarahan, Luka bakar

Herba segar ditambah gula pasir secukupnya, dilumatkan kemudian ditempel ketempat yang sakit.

Disentri Basiler, Diare

Tanaman kering 30-60 gram, ditambah portulaka 30 gram, gula 30 gram, direbus dan diminum setelah dingin.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan tanaman anting-anting sebagai obat herbal, karena manfaatnya sangat besar dan baik bagi tubuh sebaiknya anda menanam tanaman anting-anting di kebun rumah anda supaya jika terjadi berbagai penyakit anda bisa mencarinya dengan mudah. Dan karena ada banyak orang yang tidak mengetahui tanaman ini sebaiknya anda juga memberitahu mereka.

Ironisnya karena banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tanaman anting-anting bisa dijadikan sebagai salah satu obat herbal, banyak manusia yang justru menebangnya karena dianggap sebagai salah satu tanaman liar atau semak-semak yang membuat kebun atau rumah menjadi tidak bersih. Padahal jika diteliti bersama, tanaman anting-anting sangat memiliki kandungan yang banyak dari setiap bagian tubuhnya dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun dalam keadaan kering.

Bagikan ini :