7 Khasiat Ampuh Daun Binahong

Diposting pada

Siapa yang tidak kenal tanaman ini. Binahong atau dikenal dengan nama latin Madeira Vine (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) yang juga mempunyai nama daerah Gendola (Bali), Gandoa (Sunda), Kandula (Madura), Uci-uci (Jawa), Lembayung (Minangkabau), Tatabuwe (Sulawesi Utara).Tumbuhan ini menjalar pada tembok atau batang pohon. Batang lunak, silindris, saling membelit. Batang berwarna kemerahan, bagian dalam solid, permukaan halus. Kalau sudah tua, batang berwarna putih kusam dan agak mengeras.panjang batang 20-30 meter, diameter pangkal batang mencapai 3,5 cm. Umur 2 bulan atau lebih, tanaman binahong membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun. Umbinya berbentuk bulat agak kasar dan keluar seperti bulu yang panjangnya 1-3 mm. Kulit umbi berwarna hijau kecokelatan. Daging umbi berwarna putih dan panjangnya 5-17 cm dan berdiameter 1-4 cm.

Binahong dapat ditemukan di tanah-tanah terlantar yang subur, tepi sungai, tepi jalan, kebun-kebun teh dan kina, terutama di bagian yang lembab. Daun Binahong dipercaya mempunyai khasiat yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah asma

Berikut ini adalah khasiat dan cara pengolahannya:

Mengobati asma dan radang ginjal:

Cuci 7 lembar daun binahong segar, kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan ramuan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja. Untuk pengobatan asma maka minum 1 kali dalam sehari.

Mengobati patah tulang:

10-20 lembar daun binahong dicuci, lalu rebus daun tersebut dengan menggunakan 3 gelas air dan biarkan sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 2 gelas saja. Minumlah ramuan ini 1 kali dalam sehari.

Mengobati jerawat dan menghaluskan wajah:

Segenggam daun binahong segar dihaluskan dan ditambah sedikit air hingga seperti masker, lalu oleskan ke wajah atau bagian yang berjerawat lalu tunggu hingga kering dan bilas dengan air. Lakukan secara rutin selama 1-2 minggu.

Mengobati disentri:

10 lembar daun binahong dicuci, lalu rebus daun tersebut dengan menggunakan 2 gelas air dan biarkan sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja. Minumlah ramuan ini 1 kali dalam sehari.

Mengobati luka:

Segenggam daun binahong ditumbuk hingga halus, lalu oleskan ke bagian tubuh yang luka dan ditutup dengan perban agar tidak infeksi.

Mengobati sakit maag:

Rebus 5-7 lembar daun binahong dengan 3 gelas air dan disaring. Diminum 3 kali sehari sebelum makan.

Bagikan ini :