Awas Tertipu Madu Palsu, Inilah Tips Membedakan Antara Madu Asli Dengan Yang Palsu!!!

Diposting pada

Siapa yang tak tau manfaat bahan alami yang satu ini. Semua orang pasti tau bahwa Madu sangat baik untuk kesehatan disamping manfaat penting lainnya. Yang jadi permasalahan adalah Madu Palsu atau disebut juga dengan Madu Sintetis telah banyak beredar di pasaran, tidak sedikit konsumen yang tak dapat membedakan mana yang asli dengan yang palsu. Sepintas keduanya memang sukar dibedakan. Apalagi produsen-produsen madu sintetis semakin pandai meniru tampilan, aroma, tekstur, hingga rasa.Satu-satunya yang membedakan madu murni dengan sintetis adalah kandungan enzim-enzim yang hanya bisa diproduksi oleh lebah madu. Enzim-enzim tersebut adalah diatase, intervase, glukosa oksidase dan lipase.

Konsumen umumnya juga masih kurang paham atas hal tersebut, ditambah sebagian besar produsen madu tidak mencantumkan kandungan madu pada kemasan. Berikut ini cara membedakan madu asli dengan madu sintetis atau palsu.

1. Campurkan ke air putih

Masukkan madu ke dalam cangkir bening berisi air putih. Air yang bercampur dengan madu asli akan terlihat keruh, sedangkan kalau bercampur dengan madu palsu atau sintetis akan terlihat bening. Warna keruh dari madu asli dikarenakan masih mengandung sari-sari bunga.

2. Tuangkan madu ke dalam sendok dan panaskan di atas lilin

Pertama, sediakan sendok, korek api dan lilin. Taruh madu yang akan kamu tes keasliannya di atas sendok, kemudian bakar dia atas lilin yang sudah menyala. Bakar terus selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, madu akan mengeluarkan busa.

Apabila yang dipanaskan adalah madu palsu atau madu campuran, busa yang akan dikeluarkan oleh madu tersebut hanya sedikit dibandingkan dengan madu asli. Saat warna madu berubah menjadi coklat pekat, buih pada madu asli akan meluber ke luar sendok. Sedangkan yang palsu tidak akan meluber ke luar sendok.

Selanjutnya saat madu sudah mendingin, aduk madu di sendok menggunakan lidi atau sejenisnya. Setelah diaduk, tarik lidi itu ke atas. Madu palsu akan membentuk benang tipis yang mudah patah, sedangkan yang asli teksturnya akan lembut dan tidak bisa membentuk benang apabila ditarik ke atas.

3. Masukkan ikan mentah dalam toples berisi madu

Sediakan dua toples berisi ikan mentah dan tuangkan madu asli dan madu palsu di toples berbeda. Diamkan selama dua minggu, dan ikan yang berisi madu asli akan menciut dan berubah warna menjadi pucat namun tidak berbau. Berbeda dengan toples berisi madu palsu, ikan memiliki ukuran yang tetap namun warnanya berubah kehitaman serta memiliki bau busuk yang menyengat.

 

 

Sumber: tribunnews.com

Bagikan ini :