Jangan Panik, Segera Lakukan Hal Ini Saat Tabung Gas Bocor! Semua Ibu Wajib Tahu

Diposting pada

Tabung gas dapat dikatakan menjadi kebutuhan mendasar untuk memasak. Bahkan terkadang sampai ada yang menyetok tabung gas di rumah supaya ketika habis dapat langsung diganti. Tetapi penggunaan tabung gas perlu berhati-hati karena sifatnya yang dapat meledak. Untuk itu, regulator tabung gas harus dipasang dengan benar untuk menghindari kebocoran gas. Jika ada kontak dengan api atau listrik, dapat memicu ledakan dan yang paling parah adalah kebakaran. Cara mengetahui gas bocor yang paling mudah adalah saat tercium bau menyengat yang memenuhi dapur. Kalau sudah begitu, lantas apa yang harus kita lakukan?

1. Pastikan tidak ada api dan tidak ada kontak listrik

Yang jelas, pertama adalah jangan panik. Jika sudah tercium bau gas, segera matikan kompor atau sumber api lainnya. Satu lagi, jangan melakukan kontak dengan listrik. Jangan menyalakan lampu atau apapun yang berhubungan dengan aliran listrik. Kontak listrik bisa memicu gas di dalam ruangan.

2. Segera cabut regulator dan buka ventilasi

Selanjutnya, segera cabut regulator tabung gas yang terpasang. Gas yang mengumpul di dalam ruangan bisa memicu ledakan dan berbahaya bagi pernapasan. Jadi lebih baik langsung buka jendela atau ventilasi di dalam dapur. Untuk menghindari hal ini, pastikan dapur memiliki sirkulasi udara yang cukup dengan memiliki saringan udara. Jika sempat, segera bawa tabung gas keluar ruangan agar gas tidak semakin menumpuk di dalam dapur.

3. Tutup dengan kain basah

Lalu bagaimana jika sudah terlihat api? Segera ambil kain lap terdekat, basahkan dengan air, kemudian tutupi api dengan kain basah tersebut. Dengan segera api pasti akan padam dan tidak akan terjadi ledakan.

4. Periksa regulator tabung gas

Secara berkala, lakukan pemeriksaan terhadap regulator tabung gas. Gas yang bocor bisa disebabkan oleh regulator yang tidak tertutup rapat atau selang yang bolong karena digigit tikus. Jika regulator dirasa sudah longgar atau ada bagian yang mulai rapuh, maka segera beli regulator yang baru. Saat mengganti tabung gas, ada baiknya membersihkan regulator dan selang agar lebih awet.

Pokoknya tetap tenang dan jangan terburu-buru, apalagi jika sudah muncul api.

Ikuti penanganan di atas, maka tabung gas tidak akan sampai meledak. Jangan lupa untuk tetap waspada, ya Moms!

 

 

Sumber: tribunnews.com

 

 

 

 

Bagikan ini :