Banyak Manfaat, Begini Cara Mengolah Biji Salak Untuk Kesehatan, Sembuhkan 5 Jenis Penyakit Ini Salah. Satunya Mengobati Alzheimer

Diposting pada

Siapa yang tak ingin miliki kulit kencang dan awet muda, pasti semua kepinginkan. Tidak jarang perempuan rela menghabiskan banyak uang untuk lakukan perawatan wajah agar telihat lebih memukau. Hal inilah yang mendasari sebuah riset yang dilakukan mahasiswa Universitas Brawijaya untuk memanfaatkan biji salak sebagai bahan kosmetik pencegah penuaan dini.Bukan hanya untuk antiaging, biji salak ternyata miliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Biji salak ternyata dapat menyembuhkan asam urat, mencegah kanker, penyakit jantung, mengobati alzheimer, hingga menjaga kesehatan mata. Kandungan polifenol sebagai antioksidan inilah yang menjadi kelebihan pada biji salak.Ada lagi yang tidak kalah pentingnya yakni dalam satu buah biji salak terdapat kadar protein 4,22%, dan kadar karbohidrat sebesar 38,9%, kandungan biji salak juga dapat menyerap kromium 4.Kromium trivalen diperlukan dalam jumlah kecil dalam metabolisme gula pada tubuh kita. Kekurangan kromium ini bisa memicu penyakit chromium deficiency (penyakit kekurangan kromium).Sedangkan kalau kelebihan kromium dapat mengakibatkan darat tinggi dan asam urat.

Untuk mendapatkan khasiat dari biji salak, Moms bisa mengolahnya untuk dijadikan kopi. Yang harus dipersiapkan ialah:

  • 100 gram biji salak pondoh lalu hancurkan sehingga berbentuk kepingan.
  • Setelah itu, jemur selama beberapa hari sampe benar-benar kering.
  • Jika sudah, sangrai biji salak selama 2 jam. Jangan sampai gosong ya.
  • Setelah disangrai, haluskan menggunakan blender, atau bisa juga ditumbuk hingga benar-benar halus.
  • Kemudian, Anda bisa menyeduhnya dengan air panas seperti menyeduh kopi pada umumnya.

Rasanya seperti kopi, hanya saja dengan cita rasa yang sedikit berbeda. Semoga bermanfaat ya Moms.

Source: tribunnews.com

Bagikan ini :