Bisa Disembuhkan, Berikut Ini Terapi Untuk Mengobati Mata Juling Pada Anak

Diposting pada

Strabismus atau mata juling terjadi saat kedua mata tak tertuju pada satu objek sehingga letaknya menyimpang dari posisi yang seharusnya. Kondisi mata juling ini ada yang membahayakan karena bisa mempengaruhi perkembangan penglihatan anak. Menurut ahli, kondisi ini masih bisa diperbaiki. Mata juling juga bisa terjadi secara konstan maupun momentum saja seperti saat sedang sakit atau lelah. Pada juling yang konstan yang bisa terjadi adalah mata malas yang bisa mengakibatkan penurunan ketajaman pengelihatan. Terdapat terapi untuk mengobati kondisi ini. Terapi anak dengan mata juling terdiri atas 2 bagian :

1. Saat ditemukan mata malas atau ambliopia

Kondisi ini harus diperbaiki terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan menutup mata yang baik agar anak membiasakan menggunakan matanya yang malas.

2. Saat mata malas sudah membaik

Saat kondisi mata malas sudah membaik maka dokter biasanya baru bisa melakukan tindakan operasi. Operasi ini dilakukan untuk mengembalikan kedudukan bola mata. Kasus juling parah bisa lebih ditangani dengan baik saat dilakukannya terapi pada anak yang usianya masih dini.

Selain untuk mengobati penampilan, operasi mata juling pada anak juga bisa meningkatkan fungsinya, khususnya pada pengelihatan binokular (melihat kedalaman dan tiga dimensi). Bila operasinya dilakukan saat sudah dewasa, dokter biasanya hanya dapat memperbaiki dari segi tampilan sedangkan fungsi binokularnya tidak bisa diperbaiki. Untuk penanganan lanjut sebaiknya selalu diskusikan dengan dokter, ya Moms.

Source: tribunnews.com

Bagikan ini :