Inilah Kebiasaan Sepele yang Berbahaya, di Antaranya Menggunakan Tusuk Gigi dan Tidur Tengkurap

Diposting pada

Semua orang tahu bahwa tidur larut malam dan makan terlalu banyak itu tidak sehat bagi tubuh. Selain itu ternyata masih ada juga kebiasaan sepele yang berbahaya bagi tubuh. Seperti menahan bersin, menggunakan tusuk gigi, tidur tengkurap bahkan makan terlalu banyak permen karet dapat membuat gigi berlubang. Berikut ini adalah kebiasaan sepele yang berbahaya bagi tubuh kita Moms:

1.Menahan Bersin

Menahan bersin dapat merusak sistem pernapasan, pembuluh darah, dan otak, dan kerongkongan. Fungsi utama bersin adalah menyingkirkan bakteri, virus, dan partikel debu. Ketika kamu menahan bersin, berati kamu tak membiarkan tubuh mengeluarkan bakteri-bakteri dalam tubuh. Bukan hanya itu, ibaratnya seperti mencoba menembak dan menutup laras, kurang lebih seperti itulah terjadi di dalam hidung. Kekuatan bersin kembali dan dapat melukai pendengaranmu, meningkatkan tekanan darah, dan bahkan merusak kerongkongan.

2. Menggunakan Tusuk Gigi

Dokter gigi tidak menganjurkan untuk menggunakan tusuk gigi, meski tidak berbahaya bagi email, tetapi tusuk gigi bisa merusak gusi. Ada yang lebih baik daripada menggunakan tusuk gigi, yakni dengan benang gigi. Caranya memang tak semudah tusuk gigi, tapi kamu akan terbiasa jika sudah menggunakannya.

3. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap memang nyaman, tetapi berbahaya. Pada posisi ini kita akan sulit bernafas, leher berada dalam posisi yang tidak wajar, sirkulasi darah menjadi lebih buruk, dan tulang belakang leher berada dalam bahaya. Selain itu, akan menimbulkan kerutan yang bersifat konstan dan tidak bisa hilang pada wajah kita.

4. Mengunyah Pena atau Pensil

Orang yang suka mengunyah pena, pensil, penjepit kertas, dan benda padat lainnya biasanya memiliki masalah enamel besar. Termasuk mencoba membuka botol dengan gigi, mengunyah kacang, es batu, dan lolipop. Jika tetap melakukannya, dalam jangka pendek akan merusak gigi, dalam jangka panjang akan terjadi infeksi pada lambung.

5. Menahan Buang Air Kecil

Pada Juni 2018, seorang gamer muda dari Inggris Raya dirawat di rumah sakit setelah ia menghabiskan 8 jam bermain tanpa henti. Usus dan kandung kemihnya begitu kembung hingga dokter mengira dia mengidap tumor kanker. Menunda buang air kecil dapat melukai otot-otot dan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan konstipasi.

6. Mencuci rambut Anda dengan air panas

Jika kamu suka mandi di air yang sangat panas, kamu harus menghentikannya. Pertama, itu dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing yang sangat buruk. Dan kedua, air panas menstimulasi fungsi kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang membuat rambut bertambah kotor.

7. Menyentuh Wajah dan Mengucek Mata

Sering menyentuh wajah dengan tangan akan menimbulkan masalah seperti jerawat dan herpes. Sedangkan menggosok mata  dengan tangan yang kotor dapat membuat peradangan mata dan terjadi infeksi.

8. Terlalu Banyak Makan Permen Karet

Ada beberapa konsekuensi mengunyah permen karet terlalu sering. Proses mengunyah merangsang produksi jus lambung, jadi jangan mengunyah permen karet sebelum makan. Ini bisa menyebabkan gastritis dan bahkan maag. Permen karet juga berbahaya bagi gigi karena ketika produksi air liur meningkat permenkaret akan mengikis gigi dan membuatnya harus ditambal. Permen karet juga memengaruhi ingatan, meningkatkan penghafalan dan membantu berkonsentrasi pada tugas-tugas yang membutuhkan pengamatan yang lama. Tapi hal itu akan merusak ingatan jangka pendek, membuat kamu kurang fokus.

9. Menggunakan Ponsel di Kamar Mandi

Alasan lainnya adalah karena di dalam kamar mandi terdapat banyak bakteri tak kasat mata. Ponsel akan dihinggapi banyak bakteri, dan dengan membawanya kemanapun kita pergi sama saja dengan menyebarkan bakteri.

 

 

Sumber: Tribunnews.com

 

 

 

 

Bagikan ini :