Inilah 5 Fakta Mengagumkan Tentang Otak Manusia

Diposting pada

Otak adalah pusat sistem syaraf yang menjadi struktur pusat dan mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Otak manusia berfungsi dan bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh tubuh dan pemikiran manusia. Oleh karena itu, erat kaitannya pemikiran dan otak, namun itu hanya sebagian kecil yang Anda ketahui tentang otak. Selebihnya ada hal-hal mengagumkan dari otak manusia yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Berikut ini 5 hal uni dari otak manusia:

1.Otak beroperasi pada jumlah daya yang sama dengan bola lampu 10 watt

Anda mungkin sering melihat film atau animasi yang menunjukkan jika seseorang mempunyai ide, akan muncul gambar lampu di atasnya. Hal itu ternyata didasarkan pada fakta sebenarnya tentang otak manusia. Ketika otak bekerja dengan penuh, maka akan menghasilkan energi sebanyak bola lampu kecil bahkan ketika seseorang sedang tidur.

2. Sel otak menyimpan 5 kali informasi, lebih banyak dari Encylopedia Britannica

Para ilmuwan belum puas dengan jumlah yang pasti, tetapi kapasitas penyimpanan otak dalam istilah elektronik diperkirakan antara 3 atau bahkan 1.000 terabyte.  Arsip Nasional Inggris, yang berisi lebih dari 900 tahun sejarah, hanya membutuhkan 70 terabyte, membuat daya ingatan otak sangat mengesankan.

3. Dorongan saraf ke dan dari otak bergerak secepat 170 mil per jam

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat bereaksi begitu cepat terhadap hal-hal di sekitar Anda? Atau mengapa jari kaki yang tersandung akan langsung terasa sakit?  Ini karena gerakan super cepat dari impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh Anda dan sebaliknya, membawa reaksi pada kecepatan mobil sport mewah bertenaga tinggi.

4. Semakin tinggi IQ Anda, semakin sering Anda bermimpi

Meskipun hal ini mungkin benar, namun jangan menganggapnya sebagai acuan utama. Jika Anda tidak bisa mengingat sebagain besar mimpi, itu karena sebagian besar dari kita memang tidak dapat mengingatnya. Hal itu karena rata-rata mimpi hanya berdurasi 2-3 detik, hampir tidak cukup panjang untuk diingat.

5. 80% otak adalah air

Jaringan otak yang hidup adalah organ yang lembut, berwarna merah jambu dan lembek. Hal itu berkat banyak darah dan kandungan air yang tinggi dari jaringan.  Jadi saat Anda merasa dehidrasi, segeralah minum untuk menjaga otak tetap terhidrasi.

 

Sumber: Tribunnews

Bagikan ini :