Inilah Manfaat Srikaya untuk Ibu Hamil, Dari Membangun Saraf Janin Hingga Cegah Persalinan Prematur

Diposting pada

Sudah menjadi hal yang wajar bila ibu hamil disarankan mengkonsumi makanan yang sarat nutrisi. Karena hal itu diperlukan untuk kesehatan diri dan si calon jabang bayi. Satu di antara yang dianjurkan adalah srikaya. Srikaya yang merupakan buah musiman ini tepat untuk ibu hamil. Karena, sangat bergizi ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Maka itu, sayang sekali jika ibu hamil tidak mendapatkan beragam manfaat dari buah srikaya. Inilah manfaat untuk ibu hamil dari mengonsumsi srikaya.

1. Vitamin membantu membangun saraf janin

Srikaya mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk perkembangan janin. Konsumsi srikaya secara teratur saat hamil pun bisa bermanfaat untuk membangun saraf janin, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, kulit, dan rambut, sedangkan vitamin C untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

2. Mengurangi nyeri persalinan

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, tapi perawatan tradisional percaya bahwa srikaya bisa membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Bahkan srikaya juga meminimalkan risiko keguguran.

3. Mencegah prematur

Kebutuhan harian zinc selama kehamilan adalah 100 miligram, dan dengan mengonsumsi srikaya Moms bisa memenuhinya. Kandungan ini memiliki sifat luar biasa untuk memperbaiki kadar hemoglobin yang bisa mencegah persalinan prematur. Kemudian, membantu dalam perkembangan kulit yang sehat, tendon, dan pembuluh darah di janin.

4. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam srikaya memudahkan buang air besar dan menurunkan kemungkinan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

5. Mencegah morning sickness

Sumber vitamin B6 yang sangat baik pada srikaya membantu ibu hamil mencegah morning sickness. Studi mengungkapkan jika vitamin B6 membantu meredakan mual.

6. Detoksifikasi tubuh

Sifat antioksidan dari buah membantu menghilangkan racun dari tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan perubahan suasana hati dan mati rasa yang umum terjadi pada ibu hamil.

7. Mengatasi sakit gigi

Sakit gigi dan peradangan gusi sangat sering diderita oleh ibu hamil, nah dengan srikaya, mampu mengatasi masalah tersebut.

8. Melemaskan otot-otot

Magnesium adalah elemen penting selama kehamilan, karena melindungi ibu hamil dari masalah jantung dan membantu relaksasi otot.

9. Mengontrol diare

Srikaya merupakan obat alami untuk diare dan disentri.

 

Sumber: Tribunnews.com

 

Bagikan ini :