Telah Terbukti Secara Ilmiah, Simak Tips Memasak Nasi Khusus Untuk Diet Agar Tak Menambah Berat Badan

Diposting pada

Tips memasak nasi khusus untuk diet ini merupakan jawaban bagi Moms dan orang-orang yang sedang bermasalah dengan berat badan. Apalagi, tips memasak nasi khusus untuk diet yang bisa mengurangi berat badan ini sudah terbukti secara ilmiah. Tips memasak nasi khusus untuk diet agar tak menambah berat badan ini juga mudah dilakukan dan tidak membutuhkan bahan yang rumit.

Selama ini kita tahu bahwa diet menghindari nasi adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang dianggap efektif. Kandungan karbohidrat dalam nasi memang cenderung tinggi. Ditambah lagi, nasi adalah sumber karbohidrat utama orang Indonesia dan bahkan kerap dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Nasi dianggap sebagai makanan yang jahat karena mengandung banyak kalori. Tetapi, perlu diperhatikan juga jika asupan karbohidrat sangat penting bagi tubuh manusia. Karbohidrat sangat penting untuk proses metabolisme atau pembakaran dalam tubuh.

Nah, untuk kamu yang masih sering tergoda menikmati nasi putih hangat beserta lauk-pauknya, ada cara mudah mengurangi kalori di dalam nasi. Melansir dari artikel terbitan laman Good Housekeeping, ternyata mengurangi setengah kalori saat memasak nasi bisa dengan mudah dilakukan.

Cara ini juga sudah terbukti secara ilmiah. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada 249th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society, peneliti menemukan bahwa minyak kelapa mampu mengurangi kalori dalam nasi putih. Menambahkan 1 sendok makan minyak kelapa pada air yang digunakan untuk menanak nasi bisa mengurangi jumlah kalorinya sebanyak 50-60%. Lebih lanjut, peneliti mengungkapkan bahwa rasio antara minyak kelapa dan prosentase beras adalah 1 sendok minyak kelapa pada air rebusan 1/2 cangkir gelas. Setelah itu, masak nasi selama 20-40 menit dan dinginkan di dalam kulkas selama 12 jam. Beras mengandung dua jenis zat tepung. Dua jenis zat tepung dalam beras ini ada yang mudah dicerna dan ada pula yang sulit dicerna. Zat tepung sulit dicerna karena tubuh tidak punya enzim yang bisa melakukan proses tersebut.

Di sinilah kemudian minyak kelapa mengambil peran penting. Minyak kelapa bisa membantu enzim pencernaan untuk mencerna zat tepung yang sulit dicerna. Dengan menyimpan nasi putih di lemari es selama 12 jam bermanfaat untuk memaksimalkan proses tersebut. Jangan lupa, simpan nasi putih dalam wadah tertutup. Hal ini untuk mencegah nasi terpapar bakteri.

Saat ingin dikonsumsi, kamu bisa meletakkannya dalam wadah terbuka dan tunggu sampai mencapai suhu ruang. Setelah itu, nasi siap dikonsumsi. Bagaimana, tertarik mencoba? Semoga bermanfaat ya Moms.

 

Sumber: grid.id

 

 

Bagikan ini :