Jangan Buang Minyak Goreng Bekas Ya Bunda, Ternyata Bisa Dimanfaatkan Untuk Keperluan Sehari-hari Loh, Salah Satunya Adalah Untuk Bikin Lampu Darurat!

Diposting pada

Minyak goreng bekas atau sering disebut  dengan  minyak jelantah merupakan sisa minyak goreng setelah digunakan untuk menggoreng lauk, kerupuk atau bahan makanan lainnya. Secara bentuk dan rasa mungkin minyak goreng bekas ini masih memungkinkan untuk dipakai. Tetapi, untuk kesehatan menggunakan minyak goreng bekas secara berulang tidak disarankan. Karena, minyak goreng bekas berpotensi menimbulkan gangguan bagi kesehatan manusia.

Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk minyak goreng bekas ini? Apakah harus dibuang ke lingkungan? Eiiits…jangan dibuang dulu ya Bunda, tindakan itu sangat tidak direkomendasikan, karena dapat merusak lingkungan. Ada baiknya minyak goreng bekas tersebut dikumpulkan di sebuah wadah khusus, karena ternyata minyak goreng bekas masih bisa dimanfaatkan.

Berkaca dari kreativitas dan kebiasaan orang-orang tua kita dahulu, ternyata minyak goreng bekas sangat bermanfaat untuk keperluan berikut, yaitu:

Membuat lampu darurat

memanfaatkan minyak bekas

Minyak goreng bekas ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif, yaitu sebagai bahan bakar lampu minyak (Jawa: lampu sentir). Ini tentu saja sangat bermanfaat dan bisa diaplikasikan jika listrik tiba-tiba mati, sementara di rumah tidak ada alat penerang lain yang bisa diandalkan.

Cara menggunakannya sangat sederhana, tidak memerlukan biaya dan tidak membutuhkan banyak waktu. Pertama, sediakan tutup kaleng biskuit atau wadah lain yang tidak mudah bocor atau terbakar jika tersentuh api. Tuangkan minyak goreng bekas ke dalamnya. Kemudian, ambil segumpalan kapas yang sudah di padatkan dan letakkan di tengah-tengah tutup kaleng biskuit tersebut. Biarkan beberapa saat hingga minyak meresap membasahi semua bagian kapas. Selanjutnya, bakar kapas tersebut dengan korek api, hingga menyala layaknya lampu minyak. Nah, lampu minyak berbahan bakar minyak goreng bekas siap menerangi ruangan Anda.

Sebagai bahan pembuatan sabun rumah

memanfaatkan minyak bekas

Kamu bisa menambahkan aroma dari essential oil, tapi ingat sabun hanya bisa digunakan dalam jangka waktu sebulan, karena tidak mengandung bahan pengawet.

Sumber: Ragam Manfaat

Bagikan ini :