Khasiat Ampuh Delima dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Delima, Pomegranate (Punica granatum L.) adalah tanaman perdu dengan tinggisekitar 2-5 meter. Batang berkayu, bentuk bulat, bercabang dan berduri. Batang yang masih muda berwarna cokelat sedangkan batang yang sudah tua berwarna hijau tua. Daun tunggal berwarna hijau dengan panjang sekitar 1-8 cm dan lebar sekitar 5-15 mm, bentuk lanset, dan bertulang daun menyirip. Bunga tunggal di ketiak daun, bagian mahkota membulat berwarna merah atau kuning. Buah berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan dengan diameter 5-12 cm. Akar tunggang berwarna kuning kecokelatan. Tanmana ini juga dikenal dengan nama lain Glima (Aceh), Glimau mekah (Gayo), Dalimo (Batak), Delima (Melayu), Dlima (Jawa Tengah), Dhalima (Madura), Jeliman (Sasak), Talima (Bima), Dila daelak (Roti), dan Lekokase (Timor).

Dapat ditemukan di daerah subtropis sampai tropis dan dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kandungan kimia yang terdapat pada delima antara lain: Akar, kulit batang, dan buah mengandung saponin dan flavonoida. Disamping itu, akar juga mengandung polifenol, sedangkan bagian kulit batang dan buah juga mengandung tanin.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati disentri

Daun delima segar sebanyak 10 lembar, rimpang temu giring setengah ibu jari, dan daun jambu biji 5 lembar, ditambahkan air sebanyak 1 gelas. Direbus dan diminum 1 kali setiap harinya sebanyak 1 gelas selama 7 hari.

Mengobati keputihan

Kulit buah delima segar sebanyak 10 lembar, daun beluntas segar 5 lembar, tapak liman 5 lembar, dan manjakani 5 buah, dengan air sebanyak 1 gelas. Direbus dan diminum 1 kali setiap harinya sebanyak 1 gelas selama 7 hari.

Sebagai obat cacing

Akar delima 1 jari dan rimpang temu giring segar 1 jari, ditambahkan air sebanyak 1 gelas. Direbus dan diminum 1 kali setiap harinya sebanyak 1 gelas selama 4 hari.

Bagikan ini :