Khasiat Ampuh Rosela dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Rosela, Roselle (Hibiscus sabdariffa L.) adalah tanaman yang mempunyai batang bulat, tegak, berkayu dan berwarna merah. Tumbuh dari biji dengan ketinggian dapat mencapai 3-5 meter. Daun tunggal berbentuk bulat telur, bertulang menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi dan pangkal berlekuk. Tangkai daun bulat berwarna hijau. Bunga berwarna cerah, kelopak bunga berwarna merah gelap dan lebih tebal.

   Tanaman ini dapat ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Tanaman ini dapat tumbuh di semua jenis tanah, tetapi paling cocok pada tanah yang subur dan gembur. Dapat tumbuh di daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Rosela mempunyai nama lain Asam Paya (Melayu), Kesew Jawe (Sumatera Selatan), Asam Rejang (Muara Enin). Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini adalah bunga rosela mengandung vitamin (A, B1, B2, B3, dan C), beta karotein, antosianin, gossypeptin, asam karbonat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mencegah penyakit kanker

Bunga Rosella sebanyak 5-8 kuntum direbus dan diminum setiap hari secara rutin dan teratur.

Mengobati diabetes

Bunga Rosella sebanyak 5 kuntum dicuci bersih kemudian direbus sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, disaring dan jika sudah dingin diminum dengan aturan minum sehari 2 kali.

Catatan:

Rosella kemungkinan dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, lebih aman jika mereka dengan tekanan darah rendah menghindari konsumsi Rosella.

Bagikan ini :