Khasiat Ampuh Terung dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Terung, Eggplant (Solanum melongena L.) adalah tumbuhan perdu dengan tinggi ± 1,75 m. Batang berbentuk bulat dan berkayu, sedikit berambut dan berwarna putih kotor. Daun tunggal, berbentuk bulat telur, dengan ujung runcing, dan pangkal berlekuk. Tepi daun berombak, panjang daun sekitar 3-15 cm dan lebar 2-9 cm. Pertulangan daun menyirip, dan berwarna hijau. Bunga majemuk dan berwarna hijau pucat, berseling, kelopak bertajuk lima, berambut kasar, dan berbentuk lonceng. Mahkota bertajuk lima dan sisi luar berambut. Buah buni, berbentuk bulat dan berwarna hijau. Biji pipih, kecil, licin, dan berwarna kuning. Akarnya tunggang dan berwarna cokelat muda. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Trueng (Aceh), Trong (Gayo), Terung (Batak), Tiung (Batak Toba), Toru (Nias), Tiung (Lampung), Terong (Melayu), Terung (Jawa Tengah), Terong (Sunda), Tirung (Bali), Atimbu (Gorontalo), Bodong-bodong (Makasar), Iterung (Bugis), Terong (Sasak), Kaduwi (Bima), Kenduru (Sumba), Kaumenu (Timor).

Terung dapat ditemukan di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian sampai 1.200 meter di atas permukaan laut.  Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini antara lain: Daun, buah dan akar mengandung saponin dan flavonoida.

Khasiat dan cara pengolahannya

Mengobati asma

Akarnya sebanyak 3-5 buah, direbus dan disaring lalu diminum air rebusannya.

Mengobati sakit gigi,gusi bengkak dan radang mulut

Daun sebanyak 3-4 lembar direbus dalam 2 gelas air. Kemudian air rebusannya dapat digunakan untuk mencuci mulut dan berkumur – kumur.

Bagikan ini :