Khawatir Kolesterol? Konsumsi Serai 2 Kali Sehari, dan Rasakan Manfaatnya

Diposting pada

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu penyebab penyakit kadiovaskular. Penyakit ini berkaitan erat dengan jantung dan pembuluh darah yang membahayakan nyawa. Kolesterol tinggi dapat menyerang siapa saja dan segala umur, khususnya usia produktif 20-an ke atas. Hal tersebut merupakan dampak dari pola hidup yang tak sehat dari individu tersebut. Kadar kolesterol tinggi bermula dari menumpuknya kolesterol LDL (LOW Density Lipoprotein) di pembuluh darah. Karena penumpukkan LDL tersebut mengakibatkan tekanan darah tinggi dan berisiko penyakit jantung. Maka perlu pola hidup yang sehat seperti olahraga dan mengontrol berat badan agar mencegah timbulnya risiko dari kadar kolesterol tinggi.

Sebenarnya ada bahan alami dapur yang Moms bisa manfaatkan untuk mencegah tingginya angka kolesterol. Salah satunya serai atau sereh yang merupakan tumbuhan sejenis rumput-rumputan. Serai kerap digunakan oleh para Moms saat memasak dan tumbuhan ini pun sangat mudah ditemukan, atau ditanam di halaman rumah. Sejauh ini kebanyakan orang memahami serai sebagai tumbuhan pengusir nyamuk atau serangga. Padahal tumbuhan ini juga bermanfaat untuk atasi kolesterol mulai dari daun, batang hingga akarnya.

Dilansir dari doctorshealthpress.com sebuah studi di African Journal of Biotechnology 2007. Mereka menemukan ekstrak minyak serai secara signifikan bisa mengurangi kolesterol tinggi. Sebab serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia guna mendukung kadar kolesterol sehat. Dengan mengonsumsi serai secara rutin bisa memberikan hasil yang signifikan untuk memertahankan trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Terutama pada bagian batang serainya yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat tanpa mengurangi kolesterol baik.

Anti-hiperlipidemia atau anti-kolesterol pada serai membantu menghalangi penyerapan kolesterol pada usus besar. Maka kadar kolesterol dalam darah bisa tetap terjaga dan terkontrol dengan baik. Batang serai juga memiliki sifat anti-aterosklerosis yang juga berguna menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak penyebab jantung koroner. Moms bisa mengonsumsi serai dengan resep ramuan berikut ini:

1. Siapkan 40 gram daun serai yang sudah dicuci bersih

2. Rebus serai pada air dengan takaran 2 gelas sampai menjadi 1/2

3. Tunggu hingga dingin lalu saring dan minum sebanyak 2 kali sehari

Semoga bermanfaat ya Moms.

Source: nakita.grid.id

Bagikan ini :