Musim DBD, Inilah 3 Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Diposting pada

Penyakit demam berdarah atau DBD masih menjadi momok di negara berkembang seperti Indonesia.Indonesia pernah tercatat sebagai negara dengan kasus demam berdarah tertinggi di Asia Tenggara.Seperti yang dilansir dari Tribunstyle.com,Indonesia ada diperingkat dua setelah Brasil soal kasus DBD di dunia.

Seseorang setelah terinfeksi gigitan nyamuk Aedes Aegypti akan timbul gejala demam tinggi, sakit di belakang mata, mual, nyeri sendi, hingga kelelahan.Gejala pada tingkat parah akan menyebabkan kerusakan pada kelenjar getah bening hingga kegagalan sistem sirkulasi sampai kematian.Selain mengikuti pengobatan dari dokter, ada beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan DBD.

1. Jambu Biji

Jambu biji mampu merangsang pembentukan platelet atau trombosit darah baru.Buah ini kaya akan Quercetin yang mampu menekan pembentukan mRNA virus.Konsumsi buah ini dengan bentuk buah utuh atau jus.

2. Daun Pepaya

© Tribunnews.com

Selain jambu biji, daun pepaya juga mampu mempercepat penyembuhan DBD.Ekstrak daun pepaya memiliki sifat menstabilkan membran yang dapat melindungi sel darah dari stres yang dialami pasien DBD.Selain itu daun pepaya juga bermanfaat mencegah pasien kekurangan atau kehabisan trombosit.

3. Buah Kurma

© Bisnis.com

Kurma mengandung gula alami seperti gulkosa, fruktosa, dan sukrosa.Gula alami itu mampu mengembalikan energi tubuh pasien yang lepas pasca mengalami DBD.Selain itu zat besi pada kurma dapat menambah trombosit dalam tubuh.Ditambah lagi kandungan asam amino dan serat kurma mampu melancarkan pencernaan.

Semoga bermanfaat ya Moms

Source: Tribunstyle.com

Bagikan ini :