©intisarionline

Obati Diare hingga Kanker Lambung, Yuk Simak Moms Deretan Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Diposting pada

Di Indonesia, tidak sulit untuk menemukan pohon jambu biji. Hampir di setiap wilayah Indonesia, tanaman ini dapat tumbuh subur dan bisa dinikmati hasilnya. Tahukah Moms jika ternyata jambu biji tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja? Daun jambu biji juga memiliki khasiat yang banyak lho!

Itu karena, daun jambu biji diketahui mengandung banyak antioksidan, agen anti-inflamasi, antibakteri, dan bahkan tanin yang sudah terkenal dapat memiliki manfaat bagi kesehatan. Sama seperti buahnya yang dapat dibuat menjadi minuman, selai, dan makanan lain, daun jambu biji juga bisa, lho. Daun jambu biji bisa diseduh untuk membuat teh. Teh dari ekstrak daun jambu biji juga terkenal memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Kira-kira apa saja manfaat daun jambu biji? Berikut ini 5 manfaat daun jambu biji yang baik untuk kesehatan kita.

1. Diare

Jika kita sedang diare, minum teh daun jambu biji dapat membantu melonggarkan usus untuk mengobati diare. Dalam sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti menguji sifat anti-diare daun jambu biji pada tikus. Mereka menemukan ekstrak daun jambu mampu menunda timbulnya diare yang disebabkan oleh minyak tanaman jarak, mengurangi frekuensi buang air besar, dan mengurangi keparahan diare pada tikus. Tidak heran, daun jambu biji dipakai juga untuk menyembuhkan diare pada manusia.

2. Kegemukan

Ekstrak daun jambu biji juga dapat membantu menurunkan berat badan. Daun jambu biji menghambat pati kompleks agar tidak berubah menjadi gula. Biasanya, gula diolah oleh hati di mana ia akan berubah menjadi lemak, dan kemudian disekresikan ke dalam darah. Hal itulah yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan kita.

3. Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Tetapi ekstrak daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, teh daun jambu biji telah disetujui sebagai salah satu bahan yang bisa mengelola kadar gula darah dan dapat mencegah diabetes.

4. Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi daun jambu biji secara teratur selama berbulan-bulan dapat membantu mengurangi kolesterol, lho. Menurut penelitian 2010 dari Nutrition and Metabolism, Daun jambu biji hanya memiliki 0,1 gram lemak jenuh dan 0,2 gram lemak tak jenuh. Dengan tingkat lemak yang rendah ini, tidak heran daun jambu biji membantu mengurangi kolesterol.

5. Kanker Lambung

Ekstrak daun jambu biji sangat kuat sehingga memiliki potensi untuk mengobati pasien dengan kanker lambung. Sifat antikanker dan antitumornya berasal dari senyawa, seperti likopen, kuersetin, dan vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Source: tribunnews.com

Bagikan ini :