©goodhousekeeping.com

Tips Mencuci Seragam Sekolah Tetap Berwarna Putih Cemerlang dengan Sitrun

Diposting pada

Masih bingung cara mencuci seragam sekolah yang berwarna putih agar nggak mudah menguning atau butek? Cek tips di berikut ini, ya Moms. Baju putih adalah pakaian yang sangat memerlukan perawatan lebih agar nggak mudah menguning atau jadi butek. Sebenarnya, Moms hanya perlu memerhatikan hal-hal ini agar seragam sekolah Moms tetap putih dan jauh dari kuning atau butek.

Moms bisa coba tips merawat seragam putih dengan sitrun. Sitrun atau asam sitrat adalah penyedap dan penyegar makanan yang dapat menghilangkan serta mencerahkan baju putih, lho. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sediakan air hangat pada ember secukupnya, lalu masukkan sitrun sekitar 2-3 sendok makan.
  • Rendam seragam putih ke dalam larutan sitrun tersebut selama 10 menit.
  • Kalau ada bagian noda membandel pada seragam, gosok noda tersebut dengan sikat gigi setelah baju direndam selama 10 menit.
  • Bilas baju dengan air bersih, dan cuci dengan deterjen.

Selain langkah-langkah di atas, Moms juga perlu memerhatikan proses mencuci baju putih. Pertama, bersihkan clean tub pada mesin cuci sebelum memulai mencuci agar seragam Moms dapat bersih dengan maksimal. Sebelum mencuci pakaian berwarna putih, Moms perlu memisahkannya dari pakaian yang berwarna lain untuk mencegah terjadinya luntur.

 Setelah itu, gunakan deterjen khusus untuk pakaian berwarna putih, seperti deterjen yang mengandung pemutih.Tapi, jangan gunakan deterjen dan pewangi secara berlebih. Hal ini dapat membuat seragam terlihat kusam, karena deterjen dan pewangi yang berlebih dapat mengendap pada serat kain.

 Pada saat proses akhir pencucian, Moms perlu memeriksa lagi bagian noda yang masih terlihat. Untuk noda membandel, coba hilangkan dengan menuang pemutih secukupnya. Kemudian, jemur di bawah  sinar matahari, sinar ultravioletnya dapat mencerahkan seragam sekolah.

 Langkah berikutnya adalah gunakan panas yang cukup pada proses penyetrikaan. Karena panas yang berlebih dari setrikaan dapat membuat seragam terlihat menguning. Perlu diingat, mencuci seragam putih setelah pemakaian dapat membantu mengangkat keringat dan minyak sebelum lebih lama mengendap, lho.

 Nah, itu tips sederhana mencuci seragam putih dengan sitrun dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam mencuci baju putih. Selamat mencoba, Moms!

Source: gadis.co.id

Bagikan ini :