Pernah Cegukan? Ini Cara Mudah Hilangkan Cegukan dalam Sekejap

Diposting pada

Moms pasti pernah mengalami cegukan. Entah saat sedang makan atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas, sangat menggangu bukan. Berdasarkan penjelasan ilmiah, cegukan merupakan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang menyebabkan ruang antar pita suara menutup sehingga menyebabkan suara ‘hik’ yang terjadi berulang-ulang. Cegukan ini seringkali terjadi secara tiba-tiba dan juga hilang secara tiba-tiba walau kadang waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Cegukan seringkali terjadi ketika kita sedang makan dengan terlalu cepat. Tetapi tidak semua cegukan diawali oleh menyumbatnya saluran pernapasan oleh makanan. Selain makan dengan banyak dan tergesa-gesa, sekedar pasokan oksigen berlebih pada tubuh saja bisa membuat munculnya cegukan. Selain itu makanan cabai dan bumbu tertentu dipercaya sebagai penyebab cegukan yang berujung pada pencernaan yang tidak lancar.

Salah satu cara yang dipercaya mampu menghilangkan cegukan adalah dengan minum air putih. Namun jika cara tersebut masih tak berhasil beberapa langkah ini bisa dilakukan. Cara ini dapat menyembuhkan cegukan, bahkan dalam waktu 15 detik saja. Cara ini adalah teknik untuk mengulang kembali siklus kerja diafragma. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Hirup udara sebanyak mungkin, dan penuhi paru-paru kamu dengan udara.

2. Ketika kamu sudah menghirup udara sebanyak mungkin, cobalah lagi untuk menghirup lebih banyak udara. Tetap fokus dan berusaha untuk hirup lagi sebanyak-banyaknya udara.

3. Jika sudah, tahan napas selama 10 detik penuh.

4. Terakhir, sebelum menghembuskan napas, coba telan udara tersebut.

5. Voila! cegukan kamu sudah hilang.

Silakan coba cara tersebut jika cegukan yang kamu alami masih belum kunjung hilang. Semoga bermanfaat ya Moms.

Silakan coba cara tersebut jika cegukan yang kamu alami masih belum kunjunghilang. Semoga bermanfaat ya Moms.

Source: merdeka.com

Bagikan ini :