Ternyata Mudah Banget! 10 Pengobatan Rumahan Ini Efektif Bikin Anak Berhenti Ngompol

Diposting pada

Mengompol memang hal yang sangat umum terjadi pada bayi hingga anak-anak berusia sekitar 5 tahun. Ini dikarenakan ketidakmampuan mereka untuk mengontrol buang air kecil saat tidur. Tetapi, akan menjadi masalah ketika usia anak sudah lebih dari 5 tahun namun masih suka mengompol. Tentu saja, hal tersebut membuat Moms merasa pusing bukan? Lalu mulai berpikir bagaimana caranya ya agar anak segera berhenti mengompol.

Tidak usah khawatir Moms, menghentikan kebiasaan mengompol pada anak bisa dilakukan dengan cara pengobatan rumahan menggunakan bahan alami, antara lain:

1. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis, salah satucara pengobatan rumahan paling sederhana untuk menghentikan mengompol pada anak. Moms bisa memberikan anak kulit kayu manis satu kali sehari. Sebagai alternatif, Moms juga dapat menambahkan bubuk kayu manis dalam makanannya.

2. Gooseberry India

‘Amla’ juga dikenal sebagai gooseberry India. Buah ini banyak digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit termasuk mengompol. Caranya, Moms hanya perlu menghaluskan gooseberry menjadi bubur, lalu tambahkan satu sendok makan madu dan sejumput bubuk kunyit, kemudian aduk hingga tercampur merata. Berikan ramuan ini pada anak di pagi hari ya Moms. Atau, Moms juga bisa memberikan ramuan gooseberry yang telah dicampur dengan lada hitam pada malam hari sebelum anak tidur.

3. Minyak zaitun

Moms tentu sudah mengenal manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Namun tahukah Moms, minyak ini dapat digunakan untuk menghentikan kebiasaan anak mengompol. Yang perlu Moms lakukan yaitu memanaskan sedikit minyak zaitun dan oleskan pada daerah perut bagian bawah anak. Kemudian pijat area tersebut dengan lembut selama beberapa menit. Moms akan melihat hasilnya pada anak jika cara ini dilakukan setiap hari.

4. Minum teh herbal

Moms dapat memberi anak minum teh daun herbal ekor kuda, buah bearberry sebagai pengobatan untuk menghentikan anak mengompol. Campur semua bahan dan rebus selama beberapa jam, lalu saring airnya. Berikan ramuan ini dua kali sehari pada anak ya Moms.

5. Jus cranberry

Jus cranberry, obat efektif untuk mengobati infeksi saluran kemih. Jus ini pun bisa Moms berikan pada anak yang masih sering mengompol. Moms dapat memberikan jus cranberry satu jam sebelum anak pergi tidur.

6. Kenari dan kismis

Kenari dan kismis kerap dijadikan camilan sehat untuk anak. Tidak hanya untuk camilan saja Moms, tetapi kenari dan kismis merupakan obat terbaik dalam masalah mengompol. Tidak perlu repot, Moms cukup memberikan anak satu sendok teh kismis dan dua sendok teh kenari sebelum tidur.

7. Madu

Siapa sih yang tidak suka dengan madu? Rasanya yang manis dengan tekstur yang kental, membuat madu banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Madu pun kaya dengan beragam manfaat, salah satunya sebagai obat rumahan untuk mengompol. Maka dari itu,jangan lupa selalu berikan madu pada anak sebelum tidur.

8. Cuka sari apel

Cuka sari apel efektif mengurangi keasaman lambung, sehingga mengurangi  dorongan buang air kecil. Setelah anak selesai makan, berikan dua sendok cuka sari apel yang telah dicampur ke dalam air untuk menghentikan kebiasaan mengompol anak.

9. Bubuk mustard

Bubuk mustard dapat membantu dalam menyembuhkan mengompol pada anak. Caranya, Moms cukup mencampurkan setengah sendok teh bubuk mustard dan susu hangat lalu aduk menjadi satu. Setelah itu, berikan ramuan ini pada anak.

10. Jaggery

Jaggery mungkin masih terdengar asing di telinga ya Moms. Pemanis alami pengganti gula ini bisa mengatasi masalah mengompol pada anak loh. Karena jaggery bisa memberikan panas ke tubuh anak. Jika tubuh anak tetap hangat sepanjang malam, maka mengompol akan segera berkurang. Campur sepotong kecil jaggery ke dalam susu hangat, dan berikan ramuan minuman ini sebelum anakpergi tidur. Secara alami jaggery akan menyembuhkan mengompol pada anak.

Source: nakita.grid.id

Bagikan ini :