Tersedak Duri Ikan? Jangan Panik Moms, 6 Cara Ini Bisa Menjadi Solusinya!

Diposting pada

Tersedak duri ikan memang menjadi hal yang paling menyebalkan sekaligus menyakitkan. Padahal makan ikan menjadi salah satu sumber protein enak yang bisa diolah dan dinikmati dalam berbagai macam jenis hidangan. Tetapi tak jarang kita merasakan saat sedang asyik menikmati hidangan ikan tiba-tiba ada duri yang tersangkut di tenggorokan. Kasus tersedak duri ikan atau yang biasa disebut ‘ketulangan’ ini memang seringkali terjadi.

Namun  ketika kalian atau orang terdekatmu mengalaminya, jangan panik karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mengalami tersedak duri ikan atau ketulangan berdasarkan hasil rangkuman dari berbagai sumber.

1. Menelan Nasi Kepal

Ketika sedang asyik menikmati hidangan ikan tiba-tiba duri ikan tersangkut di tenggorokan, hal yang bisa dilakukan ialah dengan menelan nasi yang sudah dikepal-kepal ditangan atau dibentuk bola-bola kecil pipih. Telan nasi kepal tersebut tanpa harus dikunyah,nasi yang ditelan akan masuk ke dalam tenggorokan dan turun ke usus menyeret duri atau partikel lain yang menyangkut di tenggorokan. Kemudian langsung minum segelas air untuk membantu nasi tersebut mendorong duri terlepas dari tenggorokan.

2. Minum Minyak Zaitun

Minum minyak zaitun juga bisa menjadi solusi saat kamu mengalami masalah tersedak duri ikan ditenggorokan. Campur minyak zaitun dengan segelas air hangat dan minum. Minyakzaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam tenggorokan sehingga membuatduri menjadi lunak dan terlepas dari tenggorokan.

3. Minum Jus Lemon atau Jeruk

Meminum jus lemon atau jus jeruk memungkinkan tenggorokan terbebas dari rasa sakit akibat duri yang tersangkut. Hal itu dikarenakan asam sitrat yang terkandung dalam jus lemon atau jus jeruk melembutkan duri ikan dan membuatnya larut ke pencernaan.

4. Batuk

Batuk dengan keras yang disengaja merupakan hal yang paling utama yang bisa dilakukan saat mengalami masalah tersangkut duri ikan. Cara ini dipercaya bisa membantu mengeluarkan duri yang tersangkut di tenggorokan.

5. Minum Air Cuka

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan saat tersedak duri ikan di tenggorokan adalah dengan meminum air campuran cuka. Meski rasanya tidak enak tapi cara ini diyakini bisa menghaluskan dan mengecilkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan sehingga duri dapat terlepas dari tenggorokan.

6. Makan Marshmallow

Marshmallow juga diyakini bisa menjadi solusi tersedak duri ikan. Caranya dengan mengunyah marshmallow tetapi jangan sampai halus, biarkan setengah kasar dan telan. Tekstur marshmallow yang tebal dan kenyal akan berubah lengket ketika terkena air liurdan memungkinkan duri menempel pada marshmallow tersebut sehingga tenggorokan terbebas dari rasa sakit akibat duri yang tersangkut.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mengalami tersedak duri ikan. Semoga bermanfaat yaMoms.

Source: antvklik.com

Bagikan ini :