Ternyata Tape Singkong Besar Khasiatnya Bagi Kesehatan, Nomor Tiga dan Empat Paling Dicari Wanita

Diposting pada

Seperti kita ketahui, tumbuhan singkong selalu disangkutpautkan dengan status seseorang karena dikaitkan dengan konsumsi makanan seseorang. . Seperti yang disadur dari Blog Obat Tradisional Alami Tape singkong adalah salah satu makanan yang berbahan dasar singkong, kemudian diolah dengan cara difermentasi dengan ragi. Proses ini membutuhkan bantuan jamur dan harus steril, sehingga mampu menghasilkan tape singkong yang lezat dan nikmat. Fermentasi singkong membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari 2 malam, lebih dari itu singkong akan lembek dan memiliki kadar alkohol yang tinggi. Semua bahan tape, baik berupa singkong maupun ketan harus dimasak terlebih dahulu. Setelah itu bahan yang akan digunakan sebaiknya didinginkan dan ditaburi dengan ragi tape. Semua bahan ini akan disimpan selama kurang lebih 2 hingga 3 hari dalam tempat yang hangat.Para pembuat tape biasanya akan membungkusnya dengan daun pisang yang dapat memberikan efek hangat. Jika dibiarkan selama 2 hingga 3 hari maka bahan tape akan menjadi tape yang lembut dan manis.

Namun, apakah Moms tahu proses kimiawi dalam produksi tape. Ragi yang ditaburkan pada bahan tape sudah berisi berbagai jenis mikroorganisme. Mikroorganisme tersebut akan memecah gula menjadi kelompok gula yang lebih kecil. Cara kerja ragi ini akan menghasilkan enzim amilolitik sehingga mampu membuat lapisan gula dalam bentuk yang lebih sederhana. Gula-gula yang dihasilkan oleh mikroorganisme ini akan dirubah menjadi bentuk alkohol yang menjadikan aroma tape harum dan rasa khas yang menyengat. Kadar alkohol yang dihasilkan oleh tape akan bergantung dari lama penyimpanan tape. Semakin lama disimpan maka akan semakin besar kadar alkohol yang dihasilkan. Tape yang berasal dari singkong berwarna kuning lebih tinggi kandungan vitamin A daripada singkong berwarna putih. Biasanya tape singkong dibuat sebagai makanan wajib dalam suatu hajatan atau bahan dasar minuman es tape. Selain itu, tape singkong mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan, Tetapi manfaat ini belum banyak diketahui orang. Berikut adalah khasiat tape bagi kesehatan tubuh :

1.Menghangatkan Badan

Tape juga bisa meningkatkan kesehatan badan karena mengandung alkohol dalam kadar yang ringan. Orang yang merasa lemah dan badan yang kurang nyaman bisa mengkonsumsi tape untuk meningkatkan kondisi kesehatan badan. Tape akan membuat badan menjadi lebih hangat. Jenis tape yang sangat bermanfaat adalah seperti tape singkong.

2. Membantu Tubuh Lebih Berenergi

Tape adalah makanan yang terbuat dari singkong atau ketan. Bahan ini adalah sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Konsumsi tape akan memberikan efek yang sama seperti pada saat makan nasi atau jenis karbohidrat lain. Karbohidrat akan menjadi sumber energi yang sangat potensial untuk tubuh dan membantu pemecahan protein sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

3. Obat Jerawat

Tape juga bisa menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk jerawat. Tape bisa membantu tubuh dalam menetralisir racun yang menumpuk pada permukaan pori-pori kulit. Pori-pori yang banyak mengandung kotoran dan racun akan meningkatkan potensi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik maka Anda bisa menggantikan beberapa camilan yang digoreng dengan tape.

4. Untuk Diet

Tape adalah makanan yang mengandung lemak yang rendah. Tapi tape mengandung karbohidrat yang cukup baik. Selain itu tape juga mengandung serat larut dalam air yang bisa membuat organ pencernaan menjadi lebih baik. Kondisi inilah yang membuat tape bisa menjadi obat untuk menurunkan berat badan secara alami.

5. Sumber Probiotik

Manfaat tape singkong selanjutnya yang tidak kalah penting adalah sebagai probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme ternyata sangat baik untuk menghasilkan cairan probiotik. Kandungan air yang biasanya terdapat pada tape singkong maupun tape ketan bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri yang jahat dalam saluran pencernaan. Selain itu tape akan berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah racun.

6. Meningkatkan Sistem Syaraf dan Otot

Saat proses fermentasi tape maka berbagai proses kimiawi akan terjadi dengan cepat. Tanpa kita sadari ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem syaraf dan otot. Kondisi ini akan cepat kita rasakan karena setelah makan tape maka tubuh akan terasa lebih bertenaga dan peka.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Tape bisa menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Proses fermentasi tape dapat meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh semua bakteri jahat dan membantu tugas bakteri baik. Bahkan konsumsi tape secara teratur akan efektif membuang racun dalam tubuh lewat sekresi dan mengurangi wasir.

8. Mencegah Anemia

Tape juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia. Penyakit ini disebabkan karena turunnya produksi sel darah merah sehingga menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan tidak bertenaga. Saat proses fermentasi tape maka ada berbagai jenis mikroorganisme yang meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia.

9. Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi adalah jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Darah tinggi bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit lain yang lebih berbahaya. Bagi orang yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengkonsumsi tape secara teratur. Tape menjadi sumber kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, menjaga detak jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah. Itulah yang dapat saya jelaskan kepada anda tentang khasiat tape singkong bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang merugikan kesehatan kita dan tape juga sering kita konsumsi sebagai makanan oleh-oleh khas Bandung ternyata mempunyai banyak manfaatnya.

 

Sumber: tribunnews.com

Bagikan ini :