Tomat Sebaiknya “Dimakan Mentah” atau “Dimasak Dulu” Habis Baca, Bunda Gak Bakal Salah Lagi!

Diposting pada

Tomat adalah sayur yang kaya vitamin C dan ditengarai dapat melawan sel kanker. Namun, pernahkah timbul di pikiran BUnda, kenapa sayur tomat berwarna merah? Pernahkah Bunda bertanya, tomat sebaiknya dimakan mentah atau matang? Tenang, artikel ini akan menjawab semuanya!

Pertama, kenapa tomat bisa berwarna merah?

Yang menyebabkan tomat berwarna merah adalah senyawa Likopen. Senyawa ini paling banyak terdapat di sayur tomat yang matang. Likopen ini meruakan  salah satu antioksidan yang paling kuat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa oksigen singlet dan radikal bebas adalah musuh utama sistem kekebalan tubuh manusia. Likopen jauh lebih efektif dalam menangkal radikal bebas dibanding Karotena (senyawa dalam wortel) dan vitamin E. Kecepatannya mencapai 100 kali lipat lebih cepat dibanding vitamin E dalam menangkal oksigen singlet. Likopen secara efektif mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan dan penurunan kekebalan tubuh.

Nah, dapat kita lihat kalau sayur tomat benar-benar banyak manfaatnya dan baik untuk kesehatan kita, kan!? Tapi, banyak orang yang masih bingung, tomat itu sebaiknya makan yang mentah atau yang sudah dimasak sampai matang?

Menurut penelitian, senyawa Likopen yang terkandung pada  tomat mentah adalah ‘trans’-likopen. Melalui proses memasak, senyawa ini akan berubah, malah jadi lebih gampang  diserap oleh tubuh. Karena itu, tomat yang sudah dimasak sampai matang lebih bagus. Tapi hati-hati, Likopen sangat tidak stabil terhadap zat asam, oleh karena itu, saat memasak, sebaiknya jangan campurkan bahan-bahan yang bersifat asam seperti cuka. Perlu diingat juga bahwa hal ini tidak menandakan bahwa makan tomat mentah itu tidak baik lho ya! Selain Likopen, tomat juga mengandung kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi dan unsur-unsur lainnya, serta vitamin C, karoten, vitamin B, vitamin B2, asam organik, selulosa, dan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam tomat sangat tinggi, bahkan sebanding dengan buah. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa tomat disebut sebagai sayur juga buah.

Salah satu fungsi utama vitamin C adalah melawan oksidasi dan meningkatkan kekebalan tubuh, jadi makan tomat merupakan pilihan yang baik. Soal mau makan mentah atau matang, mimin juga bisa bilang, itu tergantung selera masing-masing.

Bagikan ini :