©instagram.com/irennakristyn

Belajarlah Mengikhlaskan, Karena Menanam Kebencian di Hati Tidak Akan Membuatmu Tenang

Diposting pada

Sungguh menyimpan kebencian pada seseorang itu tidak akan pernah membuat hidupmu tenang, kegelisahanmu, rasa sakitmu, atau bahkan rasa menyesalmu yang tidak kunjung sirna dan selalu mengkoyak hatimu mungkin itu terjadi karena hatimu masih saja menaruh kebencian kepada dia yang pernah menyakitimu.
Oleh karenanya daripada terus-terusan kamu tidak bahagia maka lebih baik ikhlaskan, dan jika sulit belajarlah mengikhlaskan sebab semua itu memang butuh proses.

Latihlah Dirimu Untuk Mengalah Dari Amarahmu

Jika memang masih ada sisa kebencian yang bersarang dalam hatimu, maka latihlah dirimu untuk mengalah pada amarahmu.
Karena dengan kamu mengalah pada amarah dan egomu, pasti ketenangan yang selama ini tidak pernah kamu rasakan sempurna akan kamu rasakan kembali.

Lupakan Dia Yang Menurutmu Jahat, Biarkan Allah Yang Memberinya Pelajaran

Kamu harus mampu membuang rasa bencimu kepada dia yang telah menyakitimu, karena Allah akan membalas dengan sempurna setiap hal yang pernah dia lakukan kepadamu.
Lantas jangan terus-terusan kamu terpaku pada dia yang menurutmu telah berbuat jahat kepadamu, lupakan saja perbuatannya, dan biarkan Allah yang memberinya pelajaran.

©instagram.com/irennakristyn

Masa Lalu Bukan Tentang Siapa yang Tersakiti dan Disakiti

Bila kamu merasa bahwa dulu hidupmu pernah berada dititik yang sangat menyakitkan, disitulah Allah ingin memberimu kebaikan luar biasanya, sebab tidak ada hal yang Allah ciptakan sia-sia dalam hidup hamba-Nya.
Dan masa lalu itu bukan tentang siapa yang tersakiti atau siapa yang disakiti, tapi tentang seberapa besar keyakinanmu pada keadilan Allah, dan seberapa yakin kamu kepada kebaikan Allah.

Harusnya Kamu Mudah Untuk Memaafkan, Jika Kamu Percaya Bahwa Allah Akan Memberimu Kebaikan Dari Rasa Sakitmu Dulu

Seharusnya kamu lebih mudah dalam memaafkan, jika memang kamu percaya bahwa Allah akan memberimu kebaikan dari rasa sakit yang pernah menderamu dulu.
Karena semakin kamu memaafkan maka akan semakin mudah kamu mengikhlasan, sehingga semakin kecil rasa sesalmu kepada dia yang sudah jelas-jelas menyakitimu.

Tidak Ada Gunanya Membiarkan Kebencian Menguasai Hati

Untuk itu lupakan semua kesalahan yang pernah dibuatnya kepadamu, lagi pula tidak ada gunanya membiarkan kebencian menguasai hatimu.
Karena sejatinya kamu akan terus dan semakin merasa tersakiti bila terus mengingat bahwa kamu pernah disakiti dengan perbuatannya yang keji.
Lantas biarkan semua itu menjadi urusan Allah, karena tugasmu hanya mengurus hatimu agar kembali tenang dengan hidupmu yang baru.

Bagikan ini :