Bermasalah Dengan Rambut Lepek dan Berminyak ? Inilah 5 Cara Alami yang Mudah dan Praktis untuk Mengatasinya

Diposting pada

Agar rambut tidak menjadi kering atau justru lepek karena berminyak, sebaiknya memang kita mencuci rambut dua hari sekali saja. Tetapi sayangnya, bagi sebagian orang, absen mencuci rambut sehari saja bisa membuat rambut lepek yang mengganggu penampilan. Tidak heran kalau akhirnya banyak yang tidak tahan dan tetap mencuci rambut mereka setiap hari.

Nah, untuk mengatasi rambut lepek, sebenarnya ada beberapa cara alami yang mudah dan praktis. Bahan-bahan yang diperlukan pun relatif mudah didapat sehingga kita juga bebas dari repot. Yuk, coba lima cara alami mengatasi rambut lepek berminyak yang mudah dan praktis berikut ini!

1. Masker rambut dari perasan jeruk nipis
Jeruk nipis punya manfaat untuk menghilangkan minyak, karena itu juga bahan alami ini bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan masalah rambut lepek dan minyak berlebih di kulit kepala. Caranya dengan mencampur perasan jeruk nipis ini dengan cuka dan air, lalu usapkan ke kulit kepala kita. Diamkan sekitar satu jam sebelum membilasnya.

2. Spray dan masker rambut dari teh hijau
Kandungan zat bernama tanin dalam teh hijau bermanfaat mengurangi kadar minyak pada rambut dan kulit kepala. Kita pun bisa mengambil khasiat ini untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak dengan cara menjadikannya semprotan rambut, lho. Cara alami ini bisa dilakukan dengan merebus satu sendok makan teh hijau ke dalam dua cangkir teh air. Setelah mendidih, saring dan pisahkan ampas teh hijau dengan air rebusannya. Gunakan air rebusan sebagai spray rambut, dan gunakan ampas teh hijau sebagai masker rambut Anda.

3. Jadwalkan waktu keramas
Rutinitas membuat tubuh kita membentuk ritmenya sendiri, begitu juga dengan keramas. Menurut Healthline, sampo bisa membantu membilas kelebihan minyak pada kulit kepala, tapi kalau Anda sudah keramas setiap hari rambut masih saja berminyak dan lepek, coba untuk keramas dua hari sekali. Cara lain juga dengan mengatur waktu keramas dengan jadwal olahraga Anda. Karena keringat saat olahraga pun tentunya akan membuat kulit kepala Anda lebih lembap dan berminyak.

4. Bersihkan kulit kepala dengan lidah buaya
Aloe vera atau lidah buaya tak hanya melembapkan kulit,  tapi juga baik untuk rambut lepek berminyak. Saat Anda punya masalah dengan rambut lepek berminyak, bersihkan kulit kepala Anda dua kali seminggu dengan lidah buaya asli untuk membersihkan rambut dari sisa produk kimia yang digunakan, kelebihan minyak, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut Anda.

5. Gunakan kondisioner dengan tepat
Saat keramas, gunakan kondisioner hanya dari tengah ke ujung rambut dan pastikan untuk membilasnya dengan bersih. Selain itu, saat rambut lepek dan berminyak, hindari untuk memakai pelembap rambut ekstra seperti leave-in conditioner. Selamat mencoba!

 

Sumber: womantalk.com

Bagikan ini :