Inilah 5 Trik Ampuh Memilih Semangka yang Manis dan Enak Tanpa Harus Membuka dan Cicipi Isinya

Diposting pada

Moms Ingin tubuh lebih sehat, enteng dan langsing ideal di tahun depan? Jangan lupa tambahkan lebih banyak buah di menu makanan harianmu. Nah, salah satu buah yang bisa banget jadi cemilan Moms siang-siang adalah buah semangka, yang segar, berair dan manis rasanya. Semangka memang menggoda, tapi untuk memilih yang oke tentu kamu butuh siasat agar tidak kecele saat membelinya. Salah satu cara memilih semangka tanpa perlu membuka dan mencicipi isinya adalah mengecek kulit terluarnya. Buat yang kadang suka bingung sendiri saat memilih semangka utuh, coba cek dulu deh tips berikut ini :

1. Mengklasifikasikan Buah Semangka Menjadi 2 Gender, ‘Pria’ dan ‘Wanita’ Sebagai Penunjuk Isi

Banyak yang tidak tahu kalau semangka ‘pria’ berbentuk lebih besar, lebih lonjong dan punya rasa yang lebih berair. Sedangkan semangka dengan bentuk lebih bulat cenderung punya rasa yang lebih manis.

2. Jangan Sepelekan Bercak Kuning Besar yang Biasa Ditemukan di Buah Semangka Utuh

Itu salah satu petunjuk penting pilih buah semangka yang manis nan segar. Bercak kuning atau disebut ‘field spot‘ merupakan bercak yang menjadi penanda letak si semangka di atas tanah saat masih di kebun. Buah semangka yang matang biasanya selalu punya bercak kuning krim atau bahkan kuning oranye yang terang, bukan yang masih bebercak putih yang menandakan semangkanya kurang matang.

3. Jangan Sepelekan Bercak Jaring di Semangka yang Biasa Moms Temukan Saat Memilih

Bercak cokelat seperti jaring laba-laba pada buah semangka menandakan para lebah telah menyentuh bagian penyerbukan atau polinasi pada bunganya berkali-kali. Semakin terpolunasi, semakin manis buah tersebut. Nyam-nyam!

4. Berat Semangka Juga Jadi Pertimbangan Penting Saat Kamu Ingin Semangka Yang Manis

Sebaiknya jangan pilih semangka yang terlalu besar atau terlalu kecil, tapi pilih yang berukuran sedang atau rata-rata. Plus, pastikan semangka yang Moms pilih memang terasa berat isinya, bukan hanya besar ukurannya saja.

5. Kalau Menemukan Semangka Dengan Tangkai, Jangan Buru-buru dibuang. Jadikan Itu Salah Satu Penanda yang Cukup Akurat Buat Pilih Semangka yang Manis dan Matang

Tangkai yang sudah mengering menandakan semangkanya dipetik saat sudah matang. Kalau tangkainya masih hijau, itu artinya semangkanya masih belum terlalu matang karena dipetik terlalu awal sebelum waktunya.

Nah, setelah sudah tahu triknya, Moms nggak perlu bingung lagi memilih semangka di supermarket atau ditoko buah. Yuk, coba dipraktikkan ya nanti pas beli semangka utuh, hehe. Semoga bermanfaat ya Moms.

Source: hepwee.com

Bagikan ini :