Inilah 7 Gaya Hidup Orang Jepang Yang Wajib Diketahui Untuk Menjaga Kesehatan Dan Umur Panjang

Diposting pada

Kalau bicara soal gaya hidup, sepertinya negara Jepang layak jadi sorotan juga nihbunda. Disamping kecanggihan teknologi di negara Jepang, ternyata gaya hidup masyarakat jepang dalam menerapkan pola hidup sehat sangat patut dicontoh. Ini terbukti dari data pusat kesehatan Jepang, ternyata orang Jepang berumur panjang, bahkan bisa mencapai usia lebih dari 90 tahun. Apa saja rashasia kesehatan orang Jepang? Berikut diantaranya.

Jalan Kaki dan Bersepeda

Kalaubunda berkunjung ke kota besar atau di desa sekalipun, mereka terbiasa berjalan kaki atau bersepeda. Persentasenya lebih dari 80% masyarakat Jepang lebih menyukai jalan kaki atau bersepeda. Selain alasan kesehatan, ternyata hal ini disebabkan juga karena biaya parkir kendaraan pribadi yang mahal. Karena tidak terlalu banyak kendaraan bermotor di pusat keramaian, kota-kota di Jepang juga rendah polusi yang menjadikan masyarakatnya jauh lebih sehat.

Suka Makan Sayur

Orang Jepang tidak terlalu suka makanan cepat saji. Bagi mereka, makan sayur yang segar lebih menggugah selera daripada hari makan kentang goreng atau ayam goreng dari rumah makan cepat saji. Jenis sayuran yang paling digemari orang Jepang seperti lobak, akar lotus, tauge, mentimun, selada, brokoli, dan daun bawang yang sering kita temukan sebagai sayuran pelengkap di masakan Jepang.

Mengonsumsi Raw Food

Kebiasaan orang Jepang makan makanan yang tidak diolah sama sekali sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun. Buktinya sashimi dan sushi masih menjadi makanan kebanggaan negara Jepang. Menurut penelitian, makanan yang diolah diatas temperatur 40 derajat akan merusak enzim dan nutrisi makanan.

Suka Minum Teh

Ocha atau teh khas Jepang sering sekali ditemukan di restoran yang menyajikan menu-menu Jepang. Memang orang Jepang sangat suka minum teh sebelum atau sehabis makan. Karena memang, dalam teh hijau mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran peredaran darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit berat seperti serangan jantung, obesitas, dan hipertensi. Nah, ini juga rahasia para wanita Jepang selalu memiliki berat badan yang ideal.

Minim Konsumsi Makanan Berminyak

Orang Jepang sangat sadar dengan bahaya akibat banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak. Terbukti mereka lebih menyukai makan makanan yang direbus seperti udon,sup miso, atau shabu-shabu. Saat menggoreng telur pun mereka hanya menggunakan minyak dengan mengusapkan kain yang sudah di teteskan minyak pada wajan. Menu ebi furai dan menu yang digoreng lainnya pun digoreng dengan minyak goreng yang berkualitas tinggi.

Makan Dalam Porsi Kecil

Cara makan orang Jepang memang hampir mirip dengan Korea. Mereka lebih suka sajian makanan yang bervariasi dalam porsi yang kecil. Mereka akan makan dari semangkuk kecil nasi yang memberikan sugesti bahwa makanan yang berada di mangkuk kecil sudah cukup. Ini sangat bagus untuk mengontrol kadar gula karena porsi nasi yang dikonsumsi tidak banyak.

Suka Berendam Air Panas

Onsen atau sumber air panas merupakan tempat yang digemari orang Jepang. Berendam di pemandian air panas memang sangat bagus untuk kesehatanbunda, karena dapat melancarkan peredaran darah juga sebagai relaksasi.

Ternyata cukup sederhana yahbunda, kira-kira tips nomor berapabunda yang akanbunda terapkan di keluarga?

Source: orami.co.id

Bagikan ini :